Begini Cara Mengolah Jahe Sebagai Obat Batuk Alami

Obat batuk alami yang terbuat dari jahe berikut bisa menjadi andalan tepat bagi anda maupun siapa saja yang kini tengah terserang penyakit batuk dan pilek yang begitu menyiksa. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya anda bisa simak informasi berikut ini.

obat batuk alamiMusim penghujan dan juga cuaca yang tidak menetu seperti sekarang ini tak jarang membuat tubuh menjadi drop. Terlebih jika daya tahan tubuh kita menyusut, maka tubuh akan sangat mudah terserang penyakit. Dan salah satu diantaranya seperti flu dan batuk.

Mungkin tak sedikit orang tak terkecuali anda menangi penyakit batuk dan flu yaitu dengan penggunaan obat apotik. Namun tak lagi sekarang. Ternyata masih banyak cara alternatif yang dapat kita lakukan untuk mengatasi peermasalah kesehatan tersebut. Seperti halnya memanfaatkan herbal alami rimpang jahe.

Cara mengolah jahe sebagai obat batuk alami yang ampuh

Jahe adalah salah satu rimpang alami yang melimpah di Indonesia. Sama seperti halnya manfaat temulawak, Selain sering di jadikan sebagai bumbu masak, jahe juga tak jarang di manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan seperti mengatasi gangguan pencernaan hingga batuk.

Adapun untuk cara mengolah jahe menjadi obat herbal batuk yang ampuh, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

– Bahan yang perlu di siapkan: Jahe, madulemon dan air.
– Cara pengolahan:

  • Kupas jahe, lalu cuci bersih. Setelah itu, iris sesuai selera dan sisihkan.
  • Parut buah lemon dan sisihkan.
  • Didihkan air dan masukan jahe dan parutan lemon dan biarkan selama 5 menit.
  • Setelah itu, saring dan acmnpurkan dengan madu. Tambahkan pula sedikit perasan air lemon ke dalamnya.
  • Aduk sampaimerata dan biarkan hingga dingin. Simpan dalam botol. Sehingga sirup obat alami batuk tersebut dapat di gunakan.

Adapun untuk mengobati batuk, jahe ini bekerja dengan menghambat kontraksi saluran napas. Hal ini tentu akan membantu merangsang sekresi lendir, sehingga batuk kering dapat teratasi.

Jahe sendiri di ketahui mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu membersihkan racun di tenggorokan dan saluran pernapasan, sehingga dapat menyingkirkan batuk. Kahadiaran senyawa gingerol yang mana merupakan senyawa anti-inflamasi pada jahe juga mampu meningktakan kekebalan tubuh.

Selain dari pada itu, jahe juga mampu menekan reaksi alergi pada saluran pernapasan, karena mengandung antihitamin yang telah terbukti secara efektif dalam pengobatan asma dan juga bronkitis. Bahkan apabila anda menambahkan garam ke jahe dapat meningktakan potensi obat tradisional ini dalam mengeluarkan lendir di dalam tenggorokan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Selain dari pada beberapa cara di atas, anda juga bisa memanfaatkan jahe sebagai obat tradisional batuk dengan cara memanfaatkan sebagai teh jahe. Anda cukup menambahkan beberapa potong jahe ke dalam teh panas yang baru di seduh. Cara ini inipun terbilang cukup ampuh dalam mengatasi batuk dan juga pilek.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara mengolah jahe sebagai obat batuk alami. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *