Cara Menghilangkan Panu Sampai Ke Akarnya Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan panu yang biasa muncul di punggung hingga pipi atau muka ternyata bisa diatasi sampai ke akarnya secara alami. Tentunya selain efektif, cara alami ini juga lebih aman di lakukan baik pada anak maupun dewasa. Adapun bagi Anda yang penasran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya terkait cara untuk menghilangkan panu, sebaiknya simak ulasan singkat berikut ya!

cara menghilangkan panuPanu (Tinea Versicolor) merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur malassezia. Penyakit kulit yang bersifat tidak menular ini banyak dialami oleh pria dan wanita dewasa. Meski begitu, panu juga diketahui tak sedikit dialami oleh anak bahkan bayi sekalipun. Pada umumnya panu bisa menyerang permukaan kulit bagian tubuh mana saja. Akan tetapi, masalah kulit ini lebih sering kali di temukan di punggung, selangkangan, kaki, dada, tangan hingga pipi atau area wajah.

Gejala panu sendiri biasanya ditandai dengan munculnya bercak putih di permukaan kulit yang disertai dengan gatal-gatal, terlebih jika saat berkeringat. Dan tak selalu berwarna putih, bercaknya juga bisa berwarna merah, coklat hingga hitam tergantung warna kulit penderita. Dan berbeda dengan jerawat yang terlihat menonjol, panu sejatinya tidak menonjol dan sama dengan kulit pada umumnya.

Selain ketidaknyamanan, tentunya kondisi ini dapat menurunkan ketidak percayadirian Anda. Terlebih jika panu muncul diarea tubuh yang sering kali terlihat seperti wajah. Maka dari itu, ada baiknya jika kondisi segera diatasi. Bahkan jika dibiarkan kondisi ini bisa cepat menyebar banyak ke area permukaan kulit lainnya. Jika Anda ingin mengatasinya secara efektif dan mudah, maka bisa mencoba beberapa cara alami menghilangkan panu di bawah ini.

Cara menghilangkan panu sampai ke akarnya secara alami dengan cepat dan ampuh

Berikut adalah berbagai cara menghilangkan panu atau kurap secara alami hingga ke akar-akarnya agar tidak tumbuh lagi.

1. Dengan kunyit

Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk cara menghilangkan panu paling ampuh secara alami adalah dengan kunyit. Di dalamnya terkandung minyak volatile yang mana bermanfaat sebagai antiinflamasi. Selain itu, terdapat juga curcumin yang merupakan antioksidan kuat untuk menetralkan radikal bebas. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat memberikan perlawanan yang berguna untuk membasmi jamur.

Cara menghilangkan panu dengan kunyit:

 

– Tips I: ambil 1 ruas kunyit, kupas kemudian usap-usapkan pada bagian yang terinfeksi jamur selama 5 menit dan diamkan.

– Tips II: Tumbuk 2 ruas kunyit, kemudian oleskan atau tempelkan pada daerah kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Dengan lengkuas

Selain menjadi pelengkap bumbu penyedap makanan, lemgkuas juga ternyata mengandung banyak sekali kandungan alami yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya seperti zat esi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, sodium, zat besi dan masih banyak lagi. Adapun lengkuas bisa Anda gunakan untuk cara mengatasi panu di kulit secara alami, lantaran senyawa flavonoid, amilum serta kuersetin yang terdapat didalamnya mampu membasmi jamur penyebab panu.

Cara menghilangkan panu dengan lengkuas:

 

– Tips I: Ambil lengkuas yang masih segar, potong-potong dan usapkan pada panu. Lakukan selama menit dan teratur 2 kali sehari.

– Tips II: Haluskan 2 ruas jari lengkuas dan campurkan dengan 1 sdt garam. Kemudian oleskan pada panu dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Dengan bawang putih

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga ternyata memiliki khasiat luar bioasa bagi kesehatan. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat alami khususnya untuk cara menghilangkan panu pada bayi atau balita yang aman. Kandungan alllicin yang terkandung didalamnya merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat antibakteri yang besar. Selain itu, didalamnya juga kaya akan antioksidan, yang membuatnya terkenal sebagai antivirus, antivakteri dan antijamur.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih:

 

Ambil 1 siung bawang putih dan potong menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosokan bawang putih pada panu selama 5 menit. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

4. Dengan cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai cara tradisional menghilangkan panu di wajah maupun bagian tubuh lainnya adalah cuka apel. Didalamnya terkandung zat yang berguna sebagai antimikroba. Dan kandungan senyawa anti-mikroba inilah yang akan membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur.

Cara menghilangkan panu dengan cuka apel:

 

Campurkan 1 sdm cuka ael dengan 1 sdm air hangat. Ambil kapas dan oleskan pada panu atau hapur. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Dengan jeruk nipis dan belerang

Jeruk nipis diketahui mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Selain itu, didalamnya juga terkandung vitamin C dan asam sitrat yang berperana sebagai antibakteri dan antijamur. Sedangkan belerang diketahui memiliki zat keratolitik yang mana mampu membunuh kuman penyebab jerawat, virus dan penyebab panu lainnya.

Cara menghilangkan panu dengan belerang dan jeruk nipis:

 

Campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah di tumbuk halus. Campurkan keduanya hingga menjadi krim. Setelah itu, oleskan pada panu dan diamkan hingga mengering. Baru kemudian bilas dengan air hangat.

6. Dengan tea tree oil

Melaleuca atau pohon teh adalah salah satu jenis tanaman yang mengandung antiseptik cukup tinggi. Sehingga tak jarang digunakan untuk menyembuhkan luka.. Selain itu, dalam banyak penelitian juga telah terbukti, bahwa minyak alami ini mampu membunuh bakteri, virus dan juga jamur.

Cara menghilangkan panu dengan tea tree oil:

 

Campurkan 1 sdt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil serta 5 tetes minyak lavender. Aduk dengan rata dan oleskan pada bagian yang terserang panu menggunakan kapas atau cotton bud. Jika hasilnya ingin lebih maksimal dan cepat, Anda juga bisa menambahkan minyak oregano ke dalamnya.

7. Dengan yogurt

Adapun yogurt yang dimaksud disini adalah yogurt polos tanpa rasa dan gula. Bahan makanan ini cukup efektif untuk dijadikan obat alami untuk infeksi jamur seperti panu lantaran kandungan probiotik didalamnya mampu menghambat pertumbuhan jamur.

Cara menghilangkan panu dengan yogurt

 

Oleskan yogurt pada kulit yang terinfeksi jamur panu. Biarkan selama 30-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi 2-3 cangkir yogurt polos setiap hari, untuk membantu memenrangi jamur dari dalam tubuh.

8. Dengan lidah buaya

Didalam tanaman aloevera ini terkandung protein 14 kDa yang mana berguna sebagai sifat antijamur dan antiinflamasi. Kedua kandungan tersebut pada kenyataannya cukup efektif dalam mengobati pertumbuhan jamur panu. Dan selain itu, sifat dari lidah buaya juga baik untuk mempercepat penyembuhan infeksi kulit yang rusak.

Cara menghilangkan panu dengan lidah buaya:

 

Tips 1: Siapkan lidah buaya, dan ambil esktrak gel segarnya. Oleskan gel lidah buaya langsung pada daerah kulit yang terkena, sebanyak 2-43 kali sehari selama beberapa minggu.

Tips 2: Campurkan 1 sendok gel lidah buaya dengan beberapa tetes minyak lavender. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Lakukan secara telaten untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan panu sampai ke akarnya secara alami. Bagi Anda yang kini mengalami yang sama, sebaiknya Anda bisa segera mencoba langsung dan membuktikannya secara langsung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *