Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya √ Alami Dan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan kutu rambut pada anak dan dewasa sangatlah beragam. Mungkin tak sedikit dari pada Anda yang pernah mengatasinya dengan obat pengusir kutu rambut yang di beli di apotik. Seperti peditok dan kapur ajaib. Namun, meski terkadang memberikan khasiat secara permanen, penggunaan produk tersebut juga nyatanya tak jarang dapat merusak rambut. Nah, bagi Anda yang menginginkan hasil yang efektif dan aman, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan kutu rambut secara alami sekaligus dengan telurnya, yang akan kami bahas pada ulasan singkat di bawah ini.

cara menghilangkan kutu rambut

Apakah Anda pernah mendapati teman ataupun saudara yang terdapat kutu pada rambutnya? ataupun justru Anda sendiri yang kini sedang mengalaminya? Ya, tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan akibat rasa gatal dan panas yang di timbulkan, keberadaan kutu pada rambut pun seakan menjadi aib yang membuat penderitanya merasa  tidak percaya diri dan terkucilkan, terlebih di era moderen seperti sekarang ini.

Kutu rambut sendiri merupakan parasit kecil yang terdapat di kepala manusia dan mampu menghisap darah di kepala. Parasit ini memiliki enam kaki dan ukurannya cukup kecil yakni kira-kira sebesar biji wijen dengan warna hampir mirip dengan rambut. Kutu rambut umumnya bisa bertelur dan akan menempel di bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala. Telur yang kosong biasanya akan lebih mudah terlihat, lantaran warnanya yang lebih cerah.

Sejatinya, kutu rambut ini hanya terdapat pada manusia. sehingga penularannyapun hanya sebatas pada sesama manusia. Dan anak-anak usia sekolah umumnya sangat rentan di hinggapi kutu rambut. Namun meski begitu, terdapat resiko penularan juga bagi orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut. Adapun untuk menghindari terjadinya penularan kutu rambut, Anda bisa menghindari kontak langsung antar kepala, dan menggunakan barang-barang kepunyaan sendiri, seperti pakaian, sisir, topi, bantal dan lainnya.

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami dan cepat √ paling ampuh

Terdapat banyak sekali cara menghilangkan kutu rambut sekaligus telurnya dengan metode alami yang bisa dilakukan. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan sisir serit

Metode alami menggunakan sisir serit ini telah sejak lama di gunakan untuk membasmi kutu di kulit kepala. Adapun untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di toko-toko yang menjual alat kosmetik. Adapun langkah atau cara menghilangkan kutu rambut dengan sisir serit adalah sebagai berikut:

– Pilihlah sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm (semakin sempit gigi sisir serit maka akan semakin cepat dan efektif dalam menghilangkan kutu dan telurnya).
– Sebelum menggunakan isir serit, sebaiknuya basahi terlebih dahulu rambut Anda, lantaran rambut yang basah akan memperlambat gerakan kutu pada kepala dan membuat kutu menjadi mudah terlihat.
– Lakukan menyisir rambut dengan selama 4 hari sekali hingga kutu benar-benar hilang dari kepala Anda.

2. Dengan minyak zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun adalah alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membasmi kutu yang terdapat di kepala Anda. Cara ini jug cukup efektif untuk menghilangkan telur kutu di rambut panjang. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut:

– Keramaslah terlebih dahulu hingga rambut Anda bersih, dan keringkan dengan handuk.
– Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala Anda dan pijitlah dengan lembut.
– Gunakan penutup kepala (shower cap) dan tidurlah sambil mendiamkannya hingga esok pagi.
– Setelah bangun tidur, keramasilah rambut Anda dengan menggunakan shampoo.

3. Bawang merah

Selain efektif untuk menghilangkan kutut rambut, didalam bawang merah juga terkandung berbagai senyawa alami seperti vitamin C, vitamin B, protein, vitamin A dan sulfur yang dapat menjaga kelembaban kulit kepala dari ketombe, mencegah kerontokan, mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan luka yang terdapat di kepala. Adapun cara menghilangkan kutut dengan bawang merah adalah sebagai berikut:

– Siapkan beberapa siung bawang merah, bersihkan dan haluskan hingga lembut.
– Aplikasikan pada kulit kepala Anda secara merata sambil pijit lembut.
– Diamkan selama 30 menit.
– Bilas bersih menggunakan shampoo agar bawang tidak menempel lagi

4. Dengan daun sirsak

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, manfaat daun sirsak juga ternyata sangat baik untuk kecantikan seperti salah satunya menjadi obat kutu rambut alami. Kandungan yang terdapat didalamnya di percaya mampu mematikan kutu-kutu yang ada pada rambut. Adapun untuk acara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak adalah sebagai berikut:

– Rebus daun sirsak dan ambil air rebusannya.
– Bilaskan air rebusan daun sirsak yang telah dingin tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut
– Diamkan selama satu hingga dua jam kemudian bilas dengan air bersih.
– Lakukan cara ini secara rutin sebanyak dua atau tiga kali seminggu sampai benar-benar menghilang.

5. Dengan cuka

Sifat asam yang berasal dari cuka ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya dengan cepat. Akan tetapi, karena sifatnya yang sangat asam, maka sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala Anda. Dan jika diperlukan, tambahkan sedikir air untuk mengurangi keasamannya. Adapun cara menghilangkan kutu rambut dengan cuka adalah sebagai berikut:

– Siapkan 2 sdm cuka, 2 sdm minyak kelapa
– Campurkan kedua bahan alami tersebut hingga merata
– Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur
– Gunakan penutup kepala (shower cup) dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi
– Setelah bangun tidur, keramasilah rambut Anda dengan menggunakan shampoo

6. Dengan jeruk nipis

Buah yang masam ini juga bisa menjadi alternatif lainya untuk membasmi kutu rambut. Bahkan kandungan alaminya juga mampu membasmi telurnya yang juga kerap menimbulkan rasa gatal-gatal di kulit kepala. Adapun cara menghilangkan kutu rambut dengan jeruk nipis adalah sebagai berikut:

– Bersihkan terlebih dahulu rambut Anda dari debu dan kotoran
– Ambil 3-4 buah jeruk nipis dan belah menjadi 2 bagian
– Peras air jeruk nipis hingga habis dan tambahkan dengan minyak zaitun, minyak kelapa dan gel lidah buaya
– Usapkan rambuan alami ini pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata
– Pijat sejenak, kemudian diamkan selama 2 jam
– Bilas bersih menggunakan air.

7. Dengan lemon

Tak jauh berbeda dengan cara tradisional menghilangkan kutu rambut dan telurnya menggunakan cuka, lemon juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga mampu menghilangkan kutu rambut dengan lebih cepat dan aman. Adapun untuk cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon adalah sebagai berikut:

– Siapkan 2 buah lemon, potong menjadi 2 bagian dan peras airnya.
– Sediakan air sebanyak 100 ml.
– Campurkan kedua bahan diatas hingga tercampur merata
– Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala kemudian pijit-pijit selama 5-10 menit.
– Biarkan selama 30-40 menit
– Keramasilah rambut Anda dengan air hangat.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi dengan bawang putih, mayonnaise, air beras, cuka apel, daun sirih, lidah buaya, garam, minyak kelapa, minyak kayu putih, baby oil, baking soda dan lainnya. Lalu, apakah cara menghilangkan kutu rambut dengan sabun colek, lotion nyamuk, deterjen atau alkohol di perbolehkan? Untuk beberapa bahan di rumah tersebut sebaiknya tidak di pergunakan. Jika memang ampuh untuk mengusir kutu rambut, namun tidak menjamin juga dapat menimbulkan efek samping untuk kulit kepala maupun rambut Anda.

Gejala dan penyebab kutu rambut

Adapun gejala seseorang yang kepalanya telah di jangkiti kutu adalah timbulnya rasa gatal yang luar biasa di kepala, kuping dan leher. Rasa gatal tersebut umumnya di sebabkan oleh air liur kutu yang menyebabkan reaksi gatal pada kulit kepala. Adapun untuk penyebab kutu rambut muncul dan berkembang biak di kepala sendiri bisa disebabkan oleh tempat tinggal yang kurang bersih, penggunaan shampoo yang tidak cocok, rambut yang jarang di bersihkan, terjadi kontak dengan penderita hingga berbagi barang-barang yang sering digunakan oleh penderita.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara menghilankan kutu rambut dan telurnya secara alami dan cepat. Jika Anda tengah menderita kondisi yang sama, sebaiknya segera praktikan  cara diatas ya. Karena selain mengganggu kenyamanan dan menurunkan tingkat percaya diri Anda, masalah kutu rambut ini juga dalam level kronis bisa menyebabkan bahaya dan menurunkan kualitas hidup Anda. Diantaranya seperti menimbulkan penyakit pediculosis kapiti, eksim, impetigo hingga menyebabkan Anda susah tidur. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *