Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Yang Parah Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan ketombe secara alami mungkin pada saat ini menjadi salah satu informasi kesehatan yang tengah di cari banyak orang. Ya, karena saya sangat paham dan pernah mengalami bagaimana tidak nyamannya kepala saat dipenuhi ketombe membandel yang tak kunjung hilang. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagai tips bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Untuk itu, simak terus ulasan di bawah ini ya!

cara menghilangkan ketombe

Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Serpihan atau bubuk putih ini sering kali menempel di pundak, dan akan terlihat terlihat jelas pada saat memakai baju hitam atau baju berwarna gelap lainnya. Sehingga orang yang memiliki masalah ketombe seperti itu, diklaim sebagai orang yang jorok dan tidak dapat menjaga kebersihan diri, yang mana pada akhirnya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang yang mengalaminya.

Meski pada umumnya biasa yang terjadi pada banyak orang, akan tetapi masalah ketombe juga bisa menjadi masalah. Terlebih apabila produksi ketombe tidak terkendali, gatal dan semakin banyak. Bahkan banyaknya ketombe juga bisa menandakan terjadinya peradangan pada kulit kepala. Adapun berikut adalah berbagai faktor penyebab munculnya ketombe di kepala:

  • Jamur tertentu bernama Malassezia, yang biasanya berkembang biak di kepala orang dewasa
  • Dermatitis seroboik atau kulit kepala yang berminyak dan mengalami iritasi
  • Kulit kering
  • Pemakaian perawatan rambut yang justru mengiritasi kulit kepala
  • Jarang atau terlalu sering keramas

Anda telah memakai berbagai jenis shampo dan produk perawatan rambut lainnya namun ketombe masih saja membandel? sekarang giliran Anda beralih untuk mencoba berbagai bahan alami yang diketahui memiliki khasiat tinggi untuk menghilangkan ketombe embandel bahkan parah sekalipun dengan cepat.

Cara menghilangkan ketombe membandel yang parah secara alami dan ampuh

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk cara menghilangkan ketombe yang menempel di rambut.

1. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Tak hanya baik untuk kesehatan, vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga ternyata memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi sehat. Mulai dari mendorong pertumbuhan akar rambut, memanjangkan rambut hingga mengatasi kebotakan. Selain itu, penggunaan jeruk nipis pada kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe. Dan berikut cara ampuh menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis:

– Peras buah jeruk nipis
– Campurkan perasan air jeruk nipis dengan air secukupnya
– Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata
– Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
– Bilas sampai bersih

2. Cara menghilangkan ketombe dengan garam

Tak hanya menjadi bumbu dapur, ternyata garam juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe di kepala Anda. Sifat scrub dari bahan alami yang satu ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala. Adapun untuk penggunaannya adalah sebagai berikut:

– Sediakan garam secukupnya
– Gosokan garam pada kulit kepala
– Diamkan sebentar
– Dan bilas kepala dengan air hingga bersih

3. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda

Meski terdengar aneh, namun baking soda adalah salah satu bahan alami yang diketahui dapat menghilangkan ketombe dengan cepat dan juga permanen. Namun sebaiknya dalam penggunaannya Anda tidak menggunakannya terlalu banyak dan terlalu sering. Adapun untuk pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

– Siapkan 1/2 sdt baking soda
-Larutkan dengan air hingga mengental
– Oleskan secara tipis dan merata pada kulit kepala
– Biarkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih

4. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon

Sama seperti halnya jeruk nipis, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tak kalah tinggi. Begitu juga khasiatnya yang dapat menghilangkan ketombe di kepala. Asdapun untuk pemanfaatnya sebenarnya sama saja dengan pemanfaatan jeruk nipis yang telah disampaikan sebelumnya:

– Peras buah lemon
– Campurkan air perasan lemon dengan air secukupnya
– Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata
– Birakan sebentar agar kandungannya meresap pada kulit kepala
– Bilas dengan air bersih

5. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Berbagai kandungan didalam lidah buaya atau aloevera memang tak perlu di ragukan lagi untuk rambut. Tak hanya dapat memnghitamkan rambut dan membuatnya menjadi nampak berkilau, namun ternyata juga dapat menghilangkan ketombe secara efektif. Adapun untuk cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

– Haluskan daging lidah buaya
– Olesakan secara merata pada permukaan kulit kepala
– Pijit-pijit dengan lembut agar meresap ke dalam kepala
– Biarkan selama 30 menit
– Dan bilas dengan air bersih

6. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka

Meski terdengar aneh, namun nyatanya memang benar jika cuka bisa digunakan untuk memberantas ketombe di kulit kepala. Namun Anda harus tetap berhati-hati dan tidak menggunakannya dalam jumlah yang berlebihan. Adapun untuk pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

– Siapakan 1 sdt cuka
– Oleskan secara merata pada kulit kepala
– Biarkan selama beberapa saat
– Bilas dengan air sampai bersih

7. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

Banyak sekali minyak alami yang bisa Anda manfaatkan unuk menghilankan ketombe. Dan salah satunya adalah minyak zaitun. Adapun untuk pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

– Olekan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata
– Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar kandungan didalamnya meresap
– Diamkan selama 30 menit
– Bilas dengan air hangat

Selain dari pada itu, masih banyak berbagai bahan alami lainnya yang efektif untuk dijadikan cara menghilangkan ketombe yang parah dan membandel pada pria dan wanita. Diantaranya seperti minyak kelapa, tree tea oil, cuka apel, minyak kemiri, daun sirsak dan minyak almond. Apaun untuk menghilangkan ketombe pada bayi yang mengerak, Anda bisa menggunakan baby oil ataupun dengan daun pare.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tekait cara menghilangkan ketombe membandel yang parah secara alami dan efektif. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru. Yuk langsung kita coba berbagai tips alaminya. Semooga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *