Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki Secara Alami Dan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan kapalan bisa dilakukan dengan mudah dan murah lho. Selain dengan melakukan perawatan mahal ke salon, Anda juga bisa mengatasinya secara alami. Ya beberapa bahan alami yang mudah didapatkan, di percata memiliki khasiat efektif untuk mengatasinya. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya jangan lewatkan untuk menyimak ulasan berikut.

cara menghilangkan kapalan

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui apa itu kapan. Namun kami kira sebagaian lainnya belum mengetahui apa itu kapana. Kapalan atau dalam istilah medis disebut dengan callus adalah kondisi dimana kulit mengeras atau mengalami penebalan. Kondisi ini merupakan bagian dari bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan atau gesekan. Kapalan juga akan melindungi kulit agar tidak melepuh atau rusak.

Selain dari pada itu, penyebab kapalan juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Misal, kulit kering dan berkurangnya lapisan lemak pada kulit, kebiasaan rutin dengan aktivitas berulang ulang seperti menggunakan palu, menulis, mengenakan sepatu, berolahraga menggunakan raket dan liannya. Selain kulit keras menebal dan keras, gejala kapalan lainnya juga bisa berupa kulit mengeras dan tumbuh benjolan, timbul rasa nyeri pada area bawah kulit, kulit mrngrlupas, muncul cairan terasa sakit.

Kapalan sendiri sering kali di temukan di area tangan maupun telapak kaki, jari kaki hingga mata kaki. Meski kondisi ini tidak mengancam nyawa, namun timbulnya kapan sendiri dapat membuat Anda tidak nyaman dan nyeri. Karena meski kondisi ini bisa hilang dengan dengan sendiri, namun tetap saja jika dibiarkan hingga waktu yang lama bisa saja menjadi luka atau borok. Selain itu, masalah kapalan kulit ini juga nyatanya dapat mengganggu kepercayaan diri ini Anda.

Cara menghilangkan kapalan di kaki secara alami dan cepat

Berikut adalah berbagai cara mengatasi kapalan dengan alami, yang tentunya aman dan tidak menimbulkan efek samping.

1. Batu apung

Tak hanya dapat digunakan sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah, batu apung juga nyatanya bisa di gunakan untuk mengobati kaki kapalan. Untuk caranya, Anda bisa memerendam kaki atau tangan didalam baskom yang berisi air hangat selama 20 menit setelah mandi. Setelah itu, gosok batu apung ke area kapalan selama beberapa saat. Dan lakukan cara ini secara teratur hingga kapalan hilang.

2. Cengkeh dan air lemon

Kedua bahan alami ini juga diketahui memiliki manfaat luar biasa untuk mengikis kulitm yang menebal akibat kapalan. Untuk Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan perasan air lemon dan cengkeh dalam satu wadah. Diamkan selama 15 menit dan tiriskan air lemon dan buah cengkehnya. Oleskan air lemon tadi ke bagian tubuh yang mengalami kapalan. Anda bisa melakukan cara ini 2-3 kali sehari.

3. Bawang putih dan cuka

Ramuan alami yang satu ini juga tenyata bisa digunakan untuk meredakan kapana di telapak tangan ataupun kaki. Cara penggunannya, Anda bisa mencampurkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan sedikit cuka dalam satu wadah. Kemudian letakan wadah tersebut di bawah sinar matahri. Oleskan ramuan alami bawang puytih dan cuka tadi ke area kapalan sebelum tidur dan bersihkan pada saat keesokan harinya.

4. Baking soda

Untuk caranya penggunaannya, sebenarnya hampir sama dengan menggunakan batu apung dan air hangat. Anda hanya perlu menambahkan baking soda ke dalam air hangat. Kemudian rendam kaki atau tangan Anda didalam air hangat dan baking soda tersebut. Dan usai merendam kaki atau tangan, segera gosok kapalan dengan batu apung.

5. Kulit lemon

Tak haya air, kulit buah lemon juga ternyata cukup ampun untuk dijadikan sebagai obat kapalan alami. Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu menempelkan kulit buah lemon ini ke kapalan. Dan agar kulit lemon menempel pada kulit Anda, Anda bisa menggunakan plester khusus kulit.

6. Minyak jarak

Salah satu jenis minyak nabati yang memiliki khasiat efektif untuk melembutkan kulit yang kering dan kasar karena kapalan adalah minyak jarak (castor oil). Untuk caranya, Anda bisa langsung mengoleskan minyak jarak ke kulit yang kapalan. Setelah itu, bungkus oleh kaus kaki atau sarung tangan. Biarkan selama semalaman dan bilas pada keesokan harinya.

7. Kulit nanas

Tak hanya buahnya, kulit nanas juga sejatinya memiliki fungsi untuk mengangkat kapalan dari kulit. Untuk caranya, Anda bisa merendam kaki atau tangan yang mengalami kapalan dalam air hangat selama 10-25 menit. Kemudian tempelkan bagian dalam kulit nanas (yang masih ada dagingnya) ke artea kulit yang mengalami kapalan. Anda bisa merekatkannya menggunakan kain, plaster ataupun kaus kaki. Biarkan semalaman dan lepaskan kulit nanas saat Anda bagun tidur keesokan harinya.

8. Kopi

Tak hanya menjadi salah satu minuman yang populer di seluruh dunia, ternyata kopi juga sering kali eksis untuk dijadikan perawatan kulit untuk keperluan kecantikan. Dan salah satunya untuk menghilangkan kapalan berair ataupun kering. Kopi terutama yang digiling kasar sangat bagus menjadi scrub alami. Untuk caranya, cukup dengan mencampurkan 1 sdm minyak zaitun dengan kopi. Gosok area kapalan dengan lulur tersebut.

9. Maizena

Jenis tepung ini biasanya digunakan untuk membuat aneka cemilan, kue dan juga untuk memasak. Namun tak cukup sampai disitu, maizena ternyata berguna juga untuk kecantikan kulit. Seperti pengganti finishing powder, masker hingga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kapalan, hanya saja tidak sampai tuntas. Caranya, cukup dengan menaburkan maizena pada area kapala.

10. Cuka apel

Bahan alami yang satu ini dipercaya mampu membantu mempercepat proses penyembuhan kulit setelah kapakan diangkat, sekaligus dapat melembutkan kulit yang kasar. Adapun cara menghilangkan kapalan dengan cuka apel bisa dilakukan dengan merendam bola kapas dalam cuka apel. Tempelkan kapas tersebut pada area kapalan dan biarkan selama semalaman, dan angkat kapas pada keesokan harinya.

Nah itulah cara menghilangkan kapalan di kaki secara alami dengan cepat. Anda bisa memilih salah satu bahan alami yang tersedia untuk segera mencobanya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda juga. Salam sehat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *