Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan 8 Pose Yoga Yang Mudah

Cara mengatasi sakit pinggang tak hanya hanya harus selalu dengan obat. Pola hidup yang sehat, seperti halnya olahraga juga ternyata dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan ini. Adapun salah satu jenis olahraga yang baik untuk meredakan nyeri pinggang ialah yoga.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Bahkan, setidaknya ada 4 pose yoga yang dianggap mampu menghilangkan sakit pinggang dengan cepat. Apa saja? simak informasi selengkapnya hanya disini!

Mengenal sedikit pemicu sakit pinggang

Sakit pinggang pada umumnya sering kali dialami oleh mereka yang melakukan pekerjaan fisik terlalu berat dan tidak melakukannya secara tepat. Dan hal tersebut kemudian menyebabkan kesalahan pada struktur tulang belakangnya, sehingga ruas-ruas tulang belakang dapat menjepit saraf dan pada akhirnya timbulah rasa sakit.

Selain dari pada itu, penyebab sakit pinggang sebelah kanan atau kiri lainnya ialah akibat jatuh atau keseleo, karena haid, karena kehamilan, terlalu banyak duduk kebiasaan yang salah, seperti tidur dengan alas terlalu lentur. Bahkan, sakit pinggang juga bisa menjadi indikasi beberapa penyakit serius. Seperti halnya penyakit ginjal dan juga jantung.

Jika sakit pinggang yang anda alami dikarenakan oleh penyebab selain dari pada penyakit, maka terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan sekaligus mengobati sakit pinggang. Diantaranya adalah dengan melakukan beberapa gerakan yoga.

Cara mengatasi sakit pinggang dengan 8 pose yoga yang mudah

Dikutip dari Breakingmuscle, Senin (19/1/2015), berikut adalah 4 pose yoga yang sangat baik untuk mengurangi sakit pinggang diantaranya adalah:

  • Supine Hamstring Stretch

Cara Mengatasi Sakit PinggangUntuk melakukan pose yoga ini, mula-mula anda bisa berbaring terlentang, kemudian tekuk lutut kanan ke dada, dan beri tali pada pertengahan telapak kaki Anda. Kemudian, luruskan kaki yang diakitkan pada kain tersebut ke arah langit-langit. Apabila pinggang anda terasa tegang, maka tekuk lutut kiri dengan telapak kaki enyentuh tanah. Tahan selama 3-5 menit dan lakukan peragaan yang sama pada kaki sebelahnya.

  • Sphinx

Cara Mengatasi Sakit PinggangPose yoga yang satu ini bisa anda lakukan dengan berbaring, kemudian gunakan lengan untuk menopang tubuh. Sekakarkan juka siku dengan bahu, kemudian tekan bagian pinggang ke bawah. Saat Anda melakukan ini, mungkin Anda akan merasakan sedikit sensasi di pinggang. Tetap terus bernapas dan tahan posisi ini selama 1-3 menit.

  • Two-Knee Twist

Cara Mengatasi Sakit PinggangUntuk melakukan pose yoga yang satu ini, mula-mula anda harus berbaring terlentang. Lalu, tekuk kedua lutut ke dada dan rentangkan lengan sehingga membentuk huruf T. Setelah itu, baringkan lutut yang masih melipat ke sebelah kanan dan pastikan perut ke atas tetap pada posisi semula. Tahan pose ini selama 1-2 menit pada setiap sisinya.

  • Bow

Cara Mengatasi Sakit PinggangUntuk gerakan yoga ini, Anda bisa membengkokan lutut dan telungkup serta memagang kedua tangan Anda dengan menarik tangan pada kedua kaki. Posisikan lutut dengan menempel pada matras. Posisi ini sangat mirip dengan perahu karena hanya perut yang menumpu diatas matras.

  • Cat Pose

Cara Mengatasi Sakit PinggangGerakan yoga ini sangat baik untuk meningkatkan kelenturan tulang punggung Anda yang tentunya juga bisa mengobati sakit pinggang. Posisikan badan Anda seperti merangkak, dimana telapak tangan litetakan sejajar dengan dengan bahu tegak lurus. Kedua kaki disejajarkan dengan kedua tangan. Pada posisi berlutut dan telapak kaki menghadap ke atas. Lekungkan punggung ke atas dan tahan posisi ini selama 3 menit.

  • Plank Pose

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan 8 Pose Yoga Yang MudahGerakan yoga ini hampir sama seperti ketika Anda berada di puncak posisi push up, yakni dengan menekan telapak tangan dan juga dada di busungkan kedepan sampai bahu diatas pergelangan tangan.

  • Child pose

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan 8 Pose Yoga Yang MudahUntuk posisi yoga ini, Anda bisa meletakkan tangan pada lantai dan seperti gerakan saat bersujud namun kaki Anda bersila.

  • Legs up the wall

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan 8 Pose Yoga Yang MudahUntuk melakukan pose ini, pertama-tama Anda harus menempelkan bokong pada dinding. Kemudian, luruskan kaki dengan posisi horizontal dengan dinding. Pose ini sangat baik untuk relaksasi otot-otot pinggang. Selain itu, pose ini juga sangat cocok sebagai penutup latihan Yoga Anda.

Adapun beberapa gerakan ini, tidak disarankan untuk cara menghilangkan sakit pinggang pda ibu hamil dan juga yang diakibatkan oleh sakit ginjal. adapun untuk itu, cara mengatasi sakit pinggang karena penyebab tersebut adalah dengan menggunakan obat sakit pinggang alami terbaik atau langsung mengkonsultasikannya ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *