Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami Dan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengatasi rambut rontok pada pria dan wanita nyatanya adalah bukanlah hal yang sulit. Beberapa bahan alami disekitar kita ternyata diketahui memiliki khasiat yang tinggi untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. Lalu, apa saja bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk cara mengatasi rambut rontok berlebihan? Informasi selengkapnya bisa Anda simak dalam ulasan singkat berikut ini ya!

cara mengatasi rambut rontok

Siapa yang tidak merasa khawatir dan takut saat mengalami kerontokan rambut. Selain mengganggu, jatuhnya helaian rambut yang berlebih juga nyatanya bisa mengundang rasa kehawatiran akan terjadinya kebotakan pada siapa saja yang mengalaminya. Terlebih jika kerontokan rambut yang terjadi terbilang berlebihan atau cukup parah yakni bisa mencapai lebih dari 100 helai perharinya.

Pada umumnya, rambut rontok biasanya dialami oleh pria maupun wanita yang telah berusia 30-40 tahunan. Namun, terdapat beberapa faktor lainnya yang diketahui dapat menjadi penyebab rambut rontok. Diantaranya seperti asupan protein yang kurang akibat diet, perubahan hormonal, ketombe, stres, menyusui, trauma emosional seperti setelah melahirkan, perawatan rambut yang salah hingga masalah medis seperti tipes dan efek samping kemoterapi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami Dan Cepat

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bermanfaat sebagai cara mengatasi rambut rontok akibat smoothing, sering rebonding, pewarnaan, catok rambut dan penyebab lainnya. Sehingga rambut tumbuh dan lebat sama seperti sebelumnya.

1. Kemiri

Selain mampu membuat rambut menjadi hitam dan lebat, kemiri atau minyak kemiri juga nyatanya memiliki kemampuan dalam mengatasi rambut rontok. Kandungan yang terdapat didalamnya mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kepala Anda. Adapun untuk cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri adalah sebagai berikut:

– Sangrai kemiri yang telah di tumbuk kasar
– Tumbuk kemiri yang telah di sangrai tersebut sampai halus dan mengeluarkan minyak
– Usapkan minyak kemiri pada rambut Anda
– Setelah itu keramas dengan shampo agar rambut menjadi bersih

2. Lidah buaya

Tak hanya menjadikan rambut menjadi lebih sehat, lidah buaya juga diketahui mampu menjadi alternatif untuk merangsang rambut pada kulit kepala Anda. Adapun cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

– Terlebih dahulu basahi rambut Anda dan tunggu sampai setengah kering
– Usapkan lendir yang terdapat pada daging lidah buaya
– Usapkan pada rambut dan kepala Anda
– Biarkan selama 15-20 menit sebelum akhirnya di bersihkan
– Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu

3. Minyak zaitun

Salah satu minyak essensial alami yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok adalah minyak zaitun. Selain itu, beberapa minyak essensial lainnya bisa dimanfaatkan untuk hal yang sama. Diantaranya seperti minyak wijen dan minyak kelapa. Adapun cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut:

– Balurkan minyak zaitun atau minyak essensial lainnya pada rambut dan kulit kepala Anda secukupnya
– Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

4. Bawang putih

Seperti beberapa bahan alami sebelumnya, bawang putih juga bisa menjadi alternatif lainnya untuk cara menghilangkan rambut rontok dengan cepat lainnya. Adapun cara mengatasi rambut rontok dengan bawang putih adalah sebagai berikut:

– Siapkan bawang putih secukupnya dan tumbuk hingga halus
– Gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker rambut
– Tunggu selama beberapa menit hingga kandungannya meresap ke dalam rambut
– Langkah terakhir yakni keramas menggunakan shampo agar rambut Anda bersih

5. Teh hijau

Mengonsumsi teh hijau ternyata tak hanya menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Manfaat teh hijau juga ternyata baik untuk mengatasi rambut rontok parah. Bahkan lebih dari itu, teh hijau mampu melindungi kulit kepala dan rambut dari keruksakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah dan juga membuat rambut Anda menjadi lebih bersinar. Adapun cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau adalah:

– Rebus 3 kantung teh hijau dengan air secukupnya.
– Setelah dingin, gunakan air rebusan teh hijau tersebut untuk membilas rambut
– Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

6. Jeruk nipis

Bahan alami yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cara mengatasi rambut rontok berketombe. Adapun untuk langkah perawatannya adalah sebagai berikut:

– Siapkan buah jeruk nipis dan iris menjadi beberapa irisan
– Setelah itu, usapkan pada kulit kepala Anda secara merata
– Diamkan selama 15 menit
– Kemudian bilas dan keramas hingga bersih

7. Yogurt

Bahan alami yang satu ini juga dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan. Adapun cara mengatasi rambut rontok dengan yogurt cukup mudah, yakni:

– Oleskan yogurt pada kulit kepala secara merata
– Biarkan 10 hingga 15 menit
– Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Selain dari pada itu, masih banyak lagi cara mengatasi rambut rontok berlebih secara alami dan cepat tanpa efek samping. Diantaranya menggunakan alpukat, ketumbar, kentang, bawang merah, neem, buah alupkat, jahe, daun jambu biji dan bahan alami lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan juga menjadi wawasan baru khususnya bagi Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *