Cara Mencegah Mata Minus Pada Anak Dan Dewasa

Cara mencegah mata minus sebenarnya tidak sulit. Namun, sayangnya hal ini masih belum banyak di ketahui. Sehingga pada saat ini angka penderita mata minus kian bertambah setiap tahunnya. Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam uraian singkat berikut ini.

cara mencegah mata minusMata minus adalah kondisi kelainan pada mata akibat retina pada mata tidak dapat menangkap cahaya dengan fokus. Akibatnya, mata tidak mampu fokus untuk melihat dengan baik pada objek dengan jauh. Sehingga pederitanya umumnya mengguakan kacamata minus, sebagai langkah perawatan untuk memperbaiki kondisi mata ini. Fungsi dari kacamata minus ini sendiri adalah untuk memperbaiki lensa mata sehingga mata mampu melihat dengan jelas objek dengan jarak jauh.

Tak hanya pada dewasa, masalah mata minus juga pada umumnya banyak di alami oleh remaja usia sekolah hingga anak-anak sekalipun. Selain penglihatan yang terlihat kabur, mata minus juga dapat di tandai dengan gejala lainnya seperti kepala sering pusing, mual, muntah dan berbagai ketidaknyamanan pada mata.

Cara mencegah mata minus pada anak dan dewasa secara alami

Mungkin dari pada anda banyak yang bertanya-tanya, apakah mata minus dapat di cegah? dan jawabannya, ya mata minus dapat di cegah dengan berbagai cara. Namun, hanya saja beberapa orang memang tidak bisa mencegah mata minus secara tidak di sengaja sehingga mereka mengalami mata minus.

Secara garis besar, cara mencegah mata minus dapat meliputi dari kebiasaan dan lingkungan serta makanan. Dan berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah mata minus secara praktis dan ia di lakukan oleh semua orang.

1. Mencegah mata minus dari kebiasaan dan lingkungan

Sebaiknya anda perlu memperhatikan betul beberapa kebiasaan yang mana harus anada lakukan dan juga harus anda cegah untuk mencegah terjadinya mata minus. Diantaranya:

  • Hindari kebiasaan membaca buku atau melihat televisi dengan jarak yang dekat. Hal itu dapat menyebabkan keruksakan pada kornea mata serta menyebabkan mata minus.
  • Hindari pula menulis dengan jarak yang dekat. Hal tersebut juga dapat merusak jarak kemampuan padandangan normal pada mata.
  • Berikan waktu istirahat untuk mata, dengan tidak melihat semua benda dengan layar tajam seperti komputer, laptop, gadget. Salah satunya dengan cara pergimkeluar rumah untuk melihat berbagai objek dengan jarak jauh untuk melatih otot mata agar terlihat normal.
  • Biasakan untuk membaca atau melakukan pekerjaan lain dengan jumlah cahaya yang cukup sehingga mata menjadi lebih nyaman.
  • Biasakan saat membaca atau mlakukan semua pekerjaan dengan komputer pada jarak dan juga sikap tubuh yang tegak.
  • Biarkan anak-anak lebih banyak bermain di luar, di banding dengan terlalu sering melihat semua benda dengan layar, telivisi maupun komputer.
  • Melakukan latihan mata untuk membiasakan melihat berbagai objek dengan jarak yang jauh juga di ketahui dapat mencegah mata minus. Latihan bisa di lakukan pada saat anda mengendarai kendaraan, dan anda harus fokus untuk melihat semua objek dengan tertatur.
  • Jika anda berada di luar atau mengemudi di siang hari, sebaiknya anda membiasakan memakai kacamata pelindung sinar matahari.

2. Mencegah mata minus dengan makanan

Beberapa jenis makanan pun di ketahui memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah mata dari mata minus. Beberapa diantaranya mengandung kolagen, vitamin A, silicia, mangan, kalsium, vitamin C, vitamin D dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan berikut adalah rinciannya.

  • Ikan yang mengandung asam lemak omega 3: Salmon, tuna, makarel dan sarden
  • Syuran hijau yang mengandung lutein dan zeaxhantin seperti bayam, selada, sawi hijau, kangkung dan sayuran lainnya yang mengandung kedua senyawa alami tersebut.
  • Telur
  • Gandung
  • Buah sumber vitamin C : Jeruk, strawberry, lemon, anggur dan lainnya.
  • Daging sapi
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran dan buah berwarna warni: Paprika, labu, blewah, tomat dan lainnya.

Tak hanya dapat mencegah, berbagai jenis makanan tersebut juga termasuk ke dalam jenis makanan sehat untuk mengatasi mata minus.

Nah, itulah berbagai cara mencegah mata minus pada anak dan dewasa secara alami. Cara ini juga bisa di praktikan bagi anda yang telah mengalami mata minus, agar angka minus anda tidak bertambah. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *