Tips Dan Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

Cara mencegah asam lambung naik -, Penyakit asam lambung atau GERD adalah salah satu jenis penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja. Penyakit ini pun bisa saja kambuh secara tiba-tiba, jika pola hidup maupun pola makan yang dilakukan salah.

cara mencegah asam lambung naik

Terlebih seperti ramadhan sekarang ini, sebisa mungkin tentu kita harus cermat menjaga kesehatan lambung. Karena menjalani puasa dengan kondisi asam lambung yang naik, tentu tidak menyenangkan. Tak hanya ibadah yang terganggu, namun kondisi ini juga bisa menghambat aktivitas Anda sehari-hari secara keseluruhan.

Maka dari itu, jangan sampai gejala asam lambung naik membuat Anda tidak maksimal dalam menjalankan ibadah dan juga aktivitas. Dan berikut kami akan informasikan berbagai tips dan cara ampuh dalam mencegah asam lambung naik terlebih saat berpuasa.

Tips dan cara mencegah asam lambung naik saat puasa secara alami:

  • Tidak melewatkan makan sahur

Tips yang pertama untuk menjalani puasa tanpa asam lambung naik bisa Anda cegah dengan makan ketika sahur. Melewakan shur juga bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari, sebab perut kosong selama seharian. Dan tak hanya menjadi ‘bekal’ dari puasa, makanan yang masuk ke dalam perut Anda saat sahur juga bisa mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

  • Segera berbuka apabila telah tiba waktunya

Setelah tidak makan dan minum kurang lebih selama 12 jam, maka sebaiknya Anda tidak menunda-nunda untuk mengisi perut Anda ketika waktu berbuka tiba. Perut sendiri butuh mencerna makanan, sehingga asam lambung yang di produksi bisa langsung digunakan untuk mencegah makanan yang masuk.

  • Makanlah dengan perlahan

Salah satu hal yang perlu diingat oleh penderita asam lambung ialah makan dengan pelan-pelan. Boleh saja lapar saat berbuka puasa, namun jangan terlalu mengikuti hawa nafsu Anda untuk melahap segala makanan tanpa dikunyah dengan baik. Sebab makanan yang tidak dikunyah dengan benar, malah akan memicu asam lambung meningkat. Untuk itu, nikmati makanan Anda, dengan mengonsumsi secara perlahan.

  • Makanlah dengan porsi kecil

Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering ialah salah satu kunci untuk mencegah asam lambung meningkat. Meski Anda sangat lapar dan waktu berbuka telah tiba, sebaiknya usahakan untuk tidak terlalu makanan banyak terlebih dahulu. Perut Anda juga perlu waktu untuk mencerna makanannya.

Begitu juga pada saat akan sahur. Sebaiknya makan dengan porsi kecil-kecil. Dan jangan bangun terlalu mepet dengan waktu imsak, sediakan waktu sekitar 2-3 jam untuk sahur. Sehingga Anda juga tidak akan terburu-buru saat mengonsumsi makanan Anda.

  • Tidak langsung tidur atau rebahan setelah makan

Tak jarang rasa kantuk kembali datang pada saat waktun sahur telah usai. Namun sebaiknya Anda menghindari kebiasaan setelah sahur langsung balik ke tempat tidur. Idelanya memang Anda hsrus menunggu 3 jam setelah makan apabila Anda kembali tidur. Karena hal tersebut juga bisa menimbulkan dampak seperti asam lambung tiba-tiba naik dan mengacaukan ibadah puasa Anda.

  • Hindari makanan yang menyebabkan asam lambung naik

Tak hanya mengatur pola makanan, penderita asam lambung juga perlu memilih makanan yang tepat untuk mereka konsumsi. Karena terdapat beberapa jenis makanan yang diketahui mampu merangsang asam lambung naik. Seperti halnya minuman berkarbonasi, makanan pedas, bawang, makanan berlemak tinggi dan citrus.

Selain itu, makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti coklat, kopi dan teh juga dipercaya dapat memicu asam lambung naik. Nah, semua makanan tersebut sebaiknya anda hindari untuk dikonsumsi baik itu pada saat sahur maupun berbuka puasa, karena berbagai makanan tersebut hanya akan memicu asam lambung Anda menjadi kambuh.

  • Tinggikan kepala saat tidur

Anda bisa mencoba meninggikan posisi tidur Anda kira-kira sekitar 15 cm lebih tinggi dibandingkan biasanya. Jangan menggunakan beberapa tupukan bantal, karena itu hanya akan meninggikan bagian kepala saja. Tuuh bagian atas juga perlu agak terangkat, sehingga posisi tidur Anda cenderung landai. Hal ini juga bisa mencegah asam lambung Anda naik.

  • Mengenakan pakaian yang longgar

Untuk tips pencegahan asam lambung naik selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengenakan pakaian yang longgar. Hal ini bisa mengurangi tekanan pada bagian perut Anda, sehingga Anda juga tidak perlu cemas lagi akan mengalami heartburn atau merasa perih pada bagin lambung. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak mengenakan ikat pinggang, agar lambung tidak tertekan.

Nah, itulah beberapa tips dan cara mencegah asam lambung naik yang sebaiknya perlu Anda ketahui. Namun,  Apabila asam lambung Anda kambuh, sebaiknya segera konsumsi obat asam lambung tinggi untuk menteralkannya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat, dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *