Cara Membuat Bawang Hitam Atau Black Garlic Yang Benar

Cara membuat bawang hitam atau black garlic sejatinya tidaklah sulit. Hanya saja membutuhkan kesabaran, lantaran proses pembuatannya yang cukup lama. Untuk informasi cara pembuatan black garlic yang mudah dan benar selengkapnya, simak ulasan singkat berikut ya!

cara membuat bawang hitamBawang hitam atau yang sering disebut dengan istilah “Black Garlic” adalah bawang putih mentah yang diproses dalam kelambaban dan kurun waktu tertentu, sehingga gulanya terkaramelisasi secara sempurna dan dipecah secara bertahap.

Maka tak heran jika dari segi rasa, bawang hitam ini tidak memiliki bau seperti pada bawang putih mentah, bahkan memiliki rasa yang lebih enak antara perpaduan rasa manis, asam dan asin yang mirip perpaduan antara bawang yang teraramelisasi dan cuka balsamic. Selain itu, teksturnyapun terasa sangat lembut. Sehingga di beberapa dunia seperti Korea, bawang ini sering kali di gunakan oleh hotel berbintang lima, sebagai bahan masakan kelas elit.

Adapun yang lebih penting dari itu, black garlic juga dipercaya memiliki kandungan senyawa yang berlipat dibandingkan dengan jenis bawang pada umumnya. Sehingga efektifitas manfaat black garlic dalam menjaga kesehatan dan juga pengobatan beragam jenis penyakit bahkan kanker jauh lebih besar dan tentunya sangat diperhitungkan.

Berapa lama waktu yang di perlukan untuk membuat bawang hitam?

Pada umumnya untuk mendapatkan bawang putih hitam dengan kualitas terbaik adalah sekitar 80-90 hari. Bahkan lebih lama prosesnya, maka lebih bagus pula kualitas serta kualitas dan kandungannya. Namun ada pula pula yang membuatnya dengan waktu dipersingkat yakni 40 hari saja.

Cara membuat bawang hitam atau black garlic yang benar untuk kesehatan

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial dan berbagai cara mudah membuat bawang hitam di rumah secara lengkap. Karena selain menggunakan rice cooker atau magic com, beberapa orang juga sering kali membuat bawang hitam ajaib ini dengan cara fermentasi, tradisional hingga menggunakan magic jar.

1. Cara membuat bawang hitam dengan rice cooker atau majic com

Bahan: 250 gram bawang putih kating atau tunggal segar.

 

Perlengkapan:
– Rice cooker atau magic com
– Lilin aroma terapi (untuk membantu memerangi aroma bawang putih)

 

Langkah dan cara pembuatan:
– Tempatkan rice cooker pada daerah dengan ventilasi udara yang bagus (dekat jendela).
– Jika menggunakan bawang putih biasa, kupas kulit terluar sampai terlihat batas antara bawang putih, namun tetap harus ada kulit bawang untuk menghindari gosong.
– Alasi rice cooker dengan menggunakan tisu dapur, dan tata bawang putih secara tunggal.
– Setelah itu, tutup kembali dengan menggunakan tisu dapur dan tata kembali bawang putih tunggal seperti pada langkah sebelumnya.
– Setelah rice cooker penuh, tutup kembali dengan tisu pada bagian atasnya.
Tekan tombol cook pada rice cooker dan biarkan dalam keadaan warm selama 40-90 hari dan cek setiap 5 hari sekali.

2. Cara membuat bawang hitam fermentasi

Bahan: Bawang putih segar secukupnya

 

Perlengkapan:
– Mangkuk stainles
– Kertas alumunium foil
– Oven

 

Langkah dan cara pembuatan:
– Masukan bawang putih pada mangkuk stainles dan menutupnya dengan kertas alumunium foil.
– Letakan mangkuk tersebut dalam oven.
– Panggang dengan suhu antara 25-30 derajat celsius selama 40-80 hari
– Lakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

3. Cara membuat bawang hitam tradisional

Bahan: bawang putih segar secukupnya

 

Perlengkapan:
– Wajan tebal/teflon serba guna
– Alas dandang yang berubang-lubang

 

Langkah dan cara pembuatan:
– Susun bawang putih diatas alas dandang yang diletakkan di dasar wajah.
– Tutup wajah, masak sekitar 30-60 menit pakai api lilin (api paling kecil) selama 20 hari.

Setelah 10 hari, pada umumnya bawang sudah berubah menjadi coklat, 15 makin gelap, 20 hari sudah berubah menjadi agak hitam. Jika mau bersabar anda bisa menunggunya hingga 40 hari. Jika sudah hitam, letakkan bawang ditempat yang kering, terhindar sinar matahri. Setelah 20-40 hari bawang ini sudah bisa dikonsumsi. Akan tetapi, apabila anda ingin menghasilkan kandungan yang maksimal, anda kembali harus bersabar untuk pengolahan hingga 80 hari.

Gambar tahapan proses fermentasi bawang hitam

cara membuat bawang hitam

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini seputar cara membuat bawang hitam atau black garlic yang mudah di rumah. Semoga apa yang telah kami sampikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk anda. Salam sehat!

6 responses to “Cara Membuat Bawang Hitam Atau Black Garlic Yang Benar”

  1. Admin Almisri Muchtar Ali says:

    Apa yang di magic com Terhubung dengan jaringan listrik ?
    Maaf
    Sangat bermanfaat karena ini obat yang banyak di butuh kan

    • Admin Admin says:

      Hallo Almisiri Muchtar Ali, ya benar sekali kak. Selama proses pembuatan biarkan magic com terhubung dengan jaringan listrik dan dalam keadaan warm selama 40-90 hari. Apabila anda kini ingin mrasakan khasiat dan manfaat bawang hitam (black garlic) yang lebih cepat dan praktis kini telah hadir produk kesehatan yang terbuat dari bawang hitam murni, yakni WALATRA BLACK GARLIC. Informasi selengkapnya, silahkan KLIK DISINI.

      Semoga bermanfaat dan terimakasih.

  2. Admin chan chan says:

    apa selama 40 hari listrikya tanpa dicabut ?

    • Admin Admin says:

      Hallo chan chan, untuk pembuatan bawang hitam (black garlic) sendiri bisa dilakukan sengan menggunakan magic com, dengan waktu minimal 40 hari. Dan selama itu juga listriknya tanpa di cabut dan biarkan dalam keadaan “warm”. Bagi anda yang mencari produk kesehatan bawang hitam praktis, anda bisa menggunakan Walatra Black Garlic, yang mana merupakan produk ekstrak bawang hitam asli berbentuk kapsul. Sehingga kini, untuk bisa menikmati manfaat bawang hitam anda tak perlu repot dan melewati proses panjang untuk membuatnya. Untuk informasi produk selengkapnya, silahkan klik -> Walatra Black Garlic

      Semoga bermanfaat dan terimakasih.

  3. Admin budie dwiatma says:

    “cek setiap 5 hari sekali” maksud dari cek setiap 5 hari ini, apakah dibuka tutupnya atau dicek rice cookernya masih hidup atau tidak?

    atau apa yang perlu dicek?
    mohon pencerahannya
    makasi

    • Admin Admin says:

      Hallo Budi Dwiatma, untuk cek setiap 5 hari sekali disini bisa membuka tutupnya untuk memastikan kematangan pada bawang putih merata, bisa juga untuk mematikan rice cookernya masih hidup atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *