Cara Jitu Untuk Mengatasi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan

Cara jitu untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan ini bisa menjadi alternatif yang patut untuk Anda coba jika si kecil tengah mengalami permsalahan soal makan yang sama. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

cara jitu untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan

Si kecil tidak mau makan yang lain selain chicken nugget atau sosis? Atau sni kecil lebih suka bermain dari pada di tawari untuk makan nasi? Meski masalah picky eater tersebut kerap kali merepotkan dan juga membuat bunda jengkel, namun pilih-pilih makanan adalah fase yang wajar dimasa tumbuh kembang anak. lantaran hal ini juga menjadi salah satu faktor penyebab anak susah makan.

Meski begitu, Bunda selaku orang tua harus tetap memastikan bahwa asupan si kecil tetap teropenuhi setiap saat. Dan seiring pertumbuhannya pun, tak sedikit anak mulai menyukai menu makanan yang lebih beragam. Mereka juga lambat laun akan menyadari betapa pentingnya variasi makanan dan juga nutrisi.

Sambil menanti saat tersebut tiba, anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi anak susah makan lantaran suka pilih-pilih makanan.

Cara jitu untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan

1. Hargai keinginan anak untuk makan (atau tidak makan)

Sebaiknya bunda tidak memaksa si kecil untuk makan kalau mereka tidak lapar. Karena tak sedikit dari pada orangtua yang kerap kali memaksa anaknya untuk makan sesuatu dan mencuci piringnya sendiri. Namun patut untuk bunda ketahui, hal ini hanya akan menciptakan suasana tegang dan memicu adu mulut saat sedang berada di meja makan.

Bahkan paksaan yang anda lakuka secara terus menerus akan membuat anak mengaitkan kegiatan makan dengan kecemasan dan juga frustasi. Anak juga akan cenderung mengabaikan rasa kenyang dan laparnya sendiri. Untuk itu, sajikan pula makanan dengan porsi kecil untuk menghindari anak kekenyangan.

2. Mentaati jadwal makan

Bunda juga bisa membuat jadwal makan secara rutin dan teratur. Misalnya menyajikan makanan berat dan cemilan di waktu yang sama setiap hari. Bila bbunda membiarkan anak hanya minum jus, susu atau makanan cemilan sepanjang hari. Karena ini juga bisa menurunkan nafsu makan sikecil saat waktu makan tiba.

3. Bersabar dengan menu baru

Apabila Bunda menyajikan seporsi menu makanan baru di meja makan, maka biasanya anak-anak akan menyentuh atau mencium makanan terlebih dahulu. Setelah mencicipi, mereka mungkin menaruh kembali makanan tersebut ke atas piring. Biasanya untuk hal tersebut, anak-anak perlu proses, sebelum akhirnya terbiasa dengan menu baru.

Anda juga perlu mendorong anak agar lebih memperhatikan warna, bentuk, aroma dan juga tekstur makanan daripada cuma rasa makanan itu sendiri. Dan alangkah lebih baiknya lagi apabila bunda menyajikan menu baru bersama menu makanan favorit anak anda.

4. Membuat kegiatas makan jadi menyenangkan

Sajikan brokoli dan juga sayuran lainnya dengan sus atau bumbu favorit. Dan agar lebih menarik, potong makanan menjadi berbagai bntuk menggunakan cetakan kue. Tawarkan juga menu sarapan untuk disajikan sebagai makan malam. Selain itu, Bunda juga bisa mencoba untuk menyajikan berbagai makanan dengan warna cerah.

5. Ajak anak untuk berpartisipasi menyiapkan makanan

Apabila buah hati anda hobi pilih-pilih makanan, maka coba libatkan anak anda dalam kegiatan yang berhubungan dengan urusan makan keluarga. Misalnya, ajak mereka berbelanja ke pasar atau ke supermarket. Mintalah bantuan si kecil untuk memilih buah-buhan, sayuran san makanan sehat lainnya waktu berbelanja bersama. Hindari membeli sesuatu yang mana menurut bunda tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak. Dan ketika sampai di rumah, lakukan hal yang sama dengan melibatkan anak untuk mencuci sayuran, mengaduk adonan atau mengatur meja makan.

6. Gunakan kreatifitas dalam memasak

Untuk mengantisipasi masalah anak susah makan lantaran menu yang tidak mereka suka, maka bunda harus belajar kreatif. Contohnya, coba tambahkan brokoli cincang atau parika hijau dalam saus spageti atau taburkan irisan buah diatas semangkuk sereal. Anda juga bisa mencampur zucchini dengan wortel parut ke dalam bubur dan sup.

Ada baiknya hal ini dilakukan agar anak bunda suka dengan berbagai makanan sehat yang mengandung nutrisi yang baik. Meskipun anak-anak sebenarnya tidak menykai makanan tertentu, seperti buah dan sayur.

7. Menjauhi segala sesuatu yang mengganggu waktu makan

Matikan TV maupun alat elektronik lainnya saat sedang makan. Hal ini akan membantu anak untuk lebih fokus pada makanannya. Dan perlu diingat, bahwa iklan di TV mungkin juga mendorong si kecil untuk mengonsumsi makanan manis atau makanan yang kurang bergizi.

Nah itulah berbagai tips dan juga cara jitu untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan, yang menyebabkan ia susah makan. Namun, jika berbagai cara diatas tidak juga berhasil, maka Bunda bisa memberikan Obat Penambah nafsu makan anak dari Walatra Hexabumin. Semoga bermanfaat ya bun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *