Biaya Operasi Katarak Pada Mata 2018 Termurah √ Cek Disini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Biaya operasi katarak mata di berbagai rumah sakit dan juga klinik di Indonesia pada umumnya beragam. Misalnya, biaya operasi katarak di RS JEC Jakarta kemungkinan akan berbeda dengan biaya operasi katarak di Ci Conde Bandung dan rumah sakit lainnya. Lalu, berapa kisaran biaya operasi katarak pada saat ini? Untuk itu, sebaiknya Anda simak informasi selengkapnya dalam ulasan singkat dari admin berkah walatra berikut ini ya!

biaya operasi katarak

Pada dasarnya, operasi katarak adalah prosedur operasi yang dilakukan pada penderita yang telah terdiagnosis menderita mata katarak. Penyakit ini biasanya terjadi lantaran lensa mata yang mengeruh, sehingga mengurangi pandangan. Adapun berbagai gejala mata katarak yang biasanya muncul diantaranya Penglihatan yang terganggu, Penglihatan menjadi buam atau kabur, Sulit untuk membedakan warna, Sulit untuk melihat benda terang, Mengalami rabun jauh dan Penglihatan menjadi ganda.

Operasi adalah salah satu teknik pengobatan yang paling dianjurkan dokter untuk gangguan mata katarak. Terlebih apabila katarak yang dialami telah mengalami keparahan yang cukup tinggi. Operasi ini juga umumnya memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Bahkan tak sedikit pasien yang telah menjalani operasi katarak mengaku bahwa penglihatannya dapat kembali normal dan tidak kabur.

Lalu berapa biaya operasi katarak pada saat ini?

Seperti halnya yang telah kami informasikan diatas, bahwa biaya operasi mata katarak akan berbeda-beda-beda. Hal tersebut berpacu pada rumah sakit atau klinik yang menyelenggarakan, teknik operasi yang dilakukan, serta jenis lensa dan obat bius yang digunakan selama operasi katarak. Semakin canggig lensa yang digunakan, maka semakin mahal pula biaya operasi yang harus di keluarkan. Umumnya, lensa multifokal lebih mahal dibanding lensa monofokal.

Disamping itu juga, teknik operasi yang dilakukan untuk menghancurkan lensa katarak juga sangat mempengaruhi biaya operasi katarak. Setidaknya terdapat 4 macam teknik operasi katarak yang sering dilakukan, yakni phacoemulsification, laser, operasi katarak intrakapsular, dan operasi katarak ekstrakapsular. Dan teknik phacoemulsification diketahui lebih mahal jika dibandingkan dengan oengangkatan lensa secara manual. Sedangkan untuk jenis obat bius, bius total lebih mahal jika dibandingkan dengan bius manual.

Adapun di beberapa rumah sakit swasta di Indonesia, biaya operasi katarak umumnya dimulai dari kisaran harga Rp. 6. 500.000 hingga 16.000.000 untuk 1 mata. Namun hal tersebut berbeda lagi dengan biaya operasi katarak dengan BPJS yang pastinya akan lebih ringan atau murah. Dengan syarat Anda harus mengikuti semua kebijakan yang telah di tetapkan oleh pihak BPJS. Kami sendiri telah merangkum beberapa kisaran biaya operasi katarak termurah hingga termahal di beberapa Rumah Sakit dan klinik yang berada di beberapa kota di Indonesia.

Nama Rumah Sakit/ Klinik

Kisaran biaya operasi katarak

Rumah Sakit St Elisabeth (Bekasi) Biaya mulai dari Rp. 2.100.000
RSCM (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 6.300.000
Rumah Sakit Duta Indah (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 8.000.000
Rumah Sakit Kebon Jati (Bandung) Biaya Mulai dari Rp. 8.000.000
Klinik Utama Mata JEC (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 8.500.000
Siloam Hospitals TB Simatupang (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 9.900.000
Siloam Hospital Asli Mampang (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 10.000.000
Rumah Sakit Premier Surabaya (Surabaya) Biaya mulai dari Rp. 10.000.000
Klinik Mata Netra Bandung 2 (Bandung) Biaya mulai dari Rp. 11.000.000
Rumah Sakit Mata JEC @Kedoya (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 15.500.000
Klinik Mata Musantara (Jakarta) Biaya mulai dari Rp. 16.250.000

* Daftar biaya operasi katarak diatas kami kutip langsung dari situs resmi klink dan rumah akit yang bersangkutan, serta dari beberapa sumber dimedia internet yang terpercaya.

Mengetahui persiapan dan prosedur operasi katarak

Berbeda dengan prosedur operasi gangguan mata lainnya, jika pasien mengalami katarak pada kedua matanya, maka dokter akan melakukan operasi katarak pada salah satumata terlebih dahulu. Dan setelah mata tersebut sembuh, maka operasi pada mata lainnya baru akan dilakukan.

Pasien umumnya akan mejalani pemeriksaan USG mata untuk mengukur bentuk dan ukuran bola mata sebelum operasi katarak dilakukan. Hal tersebut berguna untuk memperkirakan ukuran lensa buatan yang akan dipasang di mata pada saat pasien menjalani operasi mata katarak. Sebaiknya pasien juga memberi tahu dokter terkait obat-obatan yang sedang dikonsumsi juga penyakit lain yang diderita. Dan sehari sebelum operasi, maka Anda diminta untuk berpuasa.

Adapun prosedur operasi untuk mata katarak sendiri dimulai pada saat dokter spesialis mata akan menteskan obat khusus yang mana fungsinya mampu memperlebar pupil mata. Dan setelah pupil melebar, kemudian dokter akan melakukan anestesi lokal sehingga daerah mata akan baal selama operasi. Operasi katarak sendiri dilakukan dengan menghancurkan lensa yang mengalami katarak dengan alat khusus. Dan setelah hancur, maka lensa yang mengalami katarak diangkat dan diganti dengan lensa buatan (IOL).

Prosedur ini biasanya membutuhkan waktu selama 45-60 menit. Dan selama itu juga pasien akan tetap sadar hingga prosedur operasi selesai. Dan biasanya dokter akan memperbolehkan pasien pulang setelah operasi katarak selesai. Akan tetapi, pasien juga terkadang memerlukan rawat inap tergantung dari teknik operasi yang dilakukan serta efek samping yang kemungkinan dapat muncul.

Beberapa resiko setelah menjalani operasi katarak

Operasi mata katarak memang cukup aman untuk dijalani dan juga tingkat keberhasilannya tinggi. Namun tetap saja, dalam kasus yang jarang operasi mata katarak juga kemungkinan dapat menimbulkan resiko yang patut untuk anda waspadai. Diantaranya seperti:

  • Terjadi peradangan dan infeksi pada mata
  • Mata yang membengkak
  • Penurunan pada kelopak mata
  • Terjadi pendarahan
  • Lensa buatan bisa saja terlepas
  • Munculnya katarak sekunder
  • Terjadi pelepasan retina
  • Penyakit glaukoma
  • Terjadi kebutaan

Nah sekarang Anda telah mengetahui sedikit referensi mengenai biaya operasi katarak pada mata termurah 2018. Jika Anda ataupun kerabat akan menjalani prosedur operasi yang sama, maka Anda bisa memilih tempat serta teknik penanganan sesuai baudget yang Anda miliki. Namun tahukah Anda? selain operasi, terdapat alternatif pengobatan katarak yang terbukti efektif dan tentunya dengan budget yang lebih hemat. Ingin tahu info selengkapnya? Silahkan klik Obat Katarak Mata Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *