Begini Cara Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menjaga kesehatan pembuluh darah tentunya sangatlah penting untuk di ketahui oleh setiap orang. Lantaran, jika terjadi gangguan permasalahan pada pembuluh darah seperti pembuluh darah pecah di otak, maka tak hanya berdampak pada permasalahan yang cukup serius bahkan bisa mengancam nyawa penderitanya.

cara menjaga kesehatan pembuluh darahPembuluh darah adalah salah satu bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh manusia. Setidaknya terdapat 5 jenis pembuluh darah utama di tubuh, yakni:

  • Pembuluh darah vena atau pembuluh balik yang membawa darah ke jantung.
  • Pembuluh venula atau kumpulan pembuluh darah kapikler yang bersatu.
  • Pembuluh darah kapiler atau pembuluh kecil dengan dinding sangat tipis yang menghubungkan arteriol dengan venula.
  • Arter atau pembuluh darah yang bertugas membawa darah dari jantung ke organ-organ lainnya.
  • Arteriol atau pembuluh arteri dengan ukuran kecil.

Pembuluh darah sendiri jika di ibaratkan seperti selang yang di dalamnya mengalir darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kle jantung. Dengan begitu, darah dapat mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, sekaligus mengangkut sisanya. Selain berfungsi sebagai transportasi darah, pembuluh darah juga berkontribusi terdap pengendalian tekanan darah dan banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga kita juga dapat mempertahankan kondisi darah agar tetap prima. Karena jika darah serta pembuluh darah tidak sehat, maka tubuh beresiko tinggi mengalami berbagai masalah kesehatan mulai dari stroke, serangan jantung dan lainnya.

Tips dan cara menjaga kesehatan pembuluh darah manusia agar tetap sehat

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda tempuh untuk menjaga pembuluh darah dan kualitas darah agar tetap sehat.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Berikut adalah beragam nutrisi penting dalam makanan yang mampu meningkatkan kesehatan organ pembuluh darah anda.

  • Makanan yang mengandung asam folat, berfungsi untuk membantu metabolisme homosisteince serta asam amino yang biasanya di temukan di dalam darah. Kandungan ini bisa di temukan dalam jeruk, bayam, lobak serta kacang-kacangan.
  • Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, berfungsi sebagai anti-inflamasi serta anti-pembekuan darah dalam tubuh. Bahkan tak hanya itu, masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan. Andapun bisa menemukan senyawa alami dalam manyak makanan beberapa diantaranya dalam ikan salmon, kedelai, kenari dan lainnya.
  • Makanan yang mengandung arginine, berfungsi untuk memproduksi oksida nitrat (NO), yang mana natinya dapat membantu menciptakan aliran darah yang sehat dengan membuat pembuluh darah menjadi rileks. Adsapun senyawa ini terdapat dalam kacang almond, biji wijen, coklat, kacang tanah, beras merah, jagung dan gandum.
  • Makanan yang mengandung serat, berfungsi untuk menurunkan lonjakan gula darah dengan cara memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh. Adapun berbagai sumber serta bisa anda temui dalam sayuran, biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan dan lainnya
  • Makanan yang mengandung zat besi, berfungsi untuk membantu memproduksi sel-sel merah. Sumber nutrisi yang satu ini bisa anda temukan dalam sayuran dan buah-buhan seperti bayam, ikan dan juga telur

2. Tidak mengonsumsi makanan yang mengadung banyak gula dan garam

Diet terhadap beberapa jenis makanan di yakini dapat menjaga kesehatan darah dan pembuluh darah anda. Seperti halnya dengan mengurangi konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan juga gula. Sebab mengonsumsi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi sangat beresiko menyebabkan bahaya hipertensi, sedang dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula mampu menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

3. Melakukan olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan pembuluh darah lainnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Melakukan gerakan fisik akan dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan darah. Selain dari pada itu, dengan rutin berolahraga juga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi Nitric Oxide (Oksida Nitrat) yang berfungsi untuk menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka dan sehat. Apabila tingkat oksida nitrat rendah, maka dapat mengakibatkan timbulnya penumpukan plak atau arterosklerosis.

4. Membatasi asupan lemak

Beberapa jenis makanan mengandung lemak jenuh dan trans, yang mana keduanya memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan darah anda karena dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah dan jantung dari waktu ke waktu.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi perilaku sehat yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah anda, seperti menjagauhi alkohol, tidak merokok, mencari informasi kesehatan tentang darah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan seputar cara menjaga kesehatan peredaran darah ini bisa membuat anda lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan peredaran darah dan bisa mempraktikannya mulai sekarang. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *