Bahaya Kolesterol Tinggi Dan Dampaknya Untuk Kesehatan Tubuh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Bahaya kolesterol tinggi sebaiknya tidak boleh remehkan begitu saja. Hal tersebut dikarenakan kadar kolesterol jahat yang terakumlasi dalam jumlah yang  tinggi didalam tubuh bisa saja berakibat fatal jika tidak segera diatasi dengan baik. Seperti halnya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga stroke. Adapun untuk informasi selengkapnya bisa Anda simak dalam ulasan singkat berikut ya!

bahaya kolesterol tinggi

Tahukah Anda? tubuh sejatinya memerlukan kolesterol agar organ-organ didalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kolesterol sendiri merupakan zat lunak menyerupai lemak yang mana berada di seluruh tubuh. Hanya saja, jumlah kolesterol diambang batas normal juga dapat membahayakan tubuh, lantaran menumpuk di dinding arteri. Dan tak jarang penumpukan tersebut berujung pada penyempitan juga terhambatnya aliran darah di pembuluh nadi yang dapat membahayakan tubuh.

Kolesterol sendiri akan berikatan dengan protein apabila dibawa oleh darah. Dan kombinasi ini disebut dengan lipoprotein yang mana terdiri dari dua jenis utama. Dan tak jarang keduanya disebut dengan jenis kolesterol yang populer dikalangan masyarakat. Yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

  • High-density lipoprotein (HDL): Dikenal sebagai kolesterol baik yang bisa dibawa oleh darah ke organ hati untuk di urai dan dibuang keluar dari tubuh. Namun jumlah HDL yang semakin tinggi tidak berbahaya bagi kesehatan. Tingkat HDL 60 mg/dL atau diatasnya bahkan tergolong sangat baik. Sedangkan jika dibawah 40 mg/dL, maka diketahui dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Low-density lipoprotein (LDL): Dikenal dengan koleterol jahat. Apabila keberadaannya terlalu banyak, maka akan membentuk dinding yang menyumbat pembuluh nadi sehingga peredaran darahnya terganggu. Bahkan tingkat LDL yang tinggi maka akan memperburuk kondisi kesehatan. Tingkat LDL yang makin tinggi masih bisa ditoleransi ialah dibawah 100 mg/dL, dimana tergolong mencukupi atau normal. LDL pada ambang 100-129 tergolong mencukupi meski harus diwaspadai lantaran dinilai berada diatas ambang normal, Sedangkan kadar kolesterol diatas 16o mg/dL dianggap sangat tinggi.

Bahaya kolesterol tinggi dan dampaknya bagi kesehatan yang fatal

Kondisi kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk pada ibu hamil. Diantaranya seperti genetik, memiliki berat badan berlebihan atau obesitas, aktivitas fisik yang kurang aktif, sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi dan masih banyak lagi. Dan semua hal tersebut hanya akan mendekatkan Anda terhadap berbagai bahaya kolesterol.

Meski kolesterol di produksi secara alami oleh hati, namun tidak sedikit dai pada orang yang berkoleterol tinggi lantaran terlalu mengonsumsi banyak makanan yang sangat identik dengan kolesterol jahat. Dan seperti yang telah kami sampaikan sebelumny, kolesterol didalam tubuh dapat memicu sejumlah bahaya. Diantaranya dapat memicu dan meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti:

  • Aterosklerosis

Adalah kondisi mengeras dan menyempitnya pembuluh nadi. Ppenyebab ini tak jarang disebabkan oleh kolesterol jahat yang umumnya menyerang usia muda.

  • Stroke dan serangan jantung

Terjadinya penyempitan pembuluh nadi dapat mempersulit aliran darah untuk memasuki jantung. Dan kondisi tersebut biasanya berakibat pada timbulnya serangan jantung. Adapun untuk contoh lainnya yakni pada saat pembuluh darah di otak tersumbat, maka bisa mengakibatkan stroke, darah tinggi dan juga serangan jantung.

  • Penyakit batu empedu

Tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh juga tak jarang menciptakan ketidakseimbangan di empedu yang mengakibatlan penyakit batu emepedu. Bahkan sebanyak n80% kasusu batu empedu disebabkan oleh endapamn kolesterol.

Selain dari pada itu kolesterol jahat juga dapat menimbulkan sejumlah dampak kesehatan lainnya seperti sakit rahang akibat kekurangan oksigen, mati rasa di kaki hingga tinja berdarah.

Langkah mencegah kolesterol tinggi sejak dinil.

Berapapun usia Anda pada saat ini, maka belum terlambat untuk membebaskan diri daripada bahaya kolesterol yang bisa mengincar siapa saja. Lindungi Anda dari berbagai bahaya kolesterol tinggi sedini mungkin dengan memulainya menjalani hidup sehat. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol rendah, tidak merokok dan berolahraga secara teratur.

Selain itu, tanyakan pada dokter kapan waktu Anda untuk melakukan tes darah untuk melakukan pemeriksaan kolesterol didalam tubuh Anda. Hal ini sangat disarankan terutama bagi Anda yang memiliki resiko tinggi seperti memiliki riwayat keluarga dengan serangan jantung atau kolesterol tinggi.

Skian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempartan kali ini terkait bahaya kolesterol tinggi dan dampaknya bagi kesehatan yang perlu diwaspadai. Namun Anda juga tak perlu khawatir jika Anda kini tengah menderita kolesterol tinggi. Selain dengan melakukan pola hidup sehat, kami cuga memiliki cara menurunkan kolesterol tinggi yang cepat dengan produk alami. Tentunya aman dan tidak menimbulkan efek samping. Jika Anda ingin mengetahui produk herbal terbaik kami untuk mengatasi masalah kolesterol silahkan klik: Obat Kolesterol Tinggi Alami. Semoga membantu, salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *