Bahaya Hipertensi Pada Ibu Hamil

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Bahaya hipertensi nyatanya memiliki pengaruh besar bagi kesehatan terlebih pada ibu hamil. Namun pada dasarnya, hal ini masih minim di ketahui oleh masyarakat bahkan penderitanya. Sementara, pada sebagian orang yang awam, mereka hanya mengetahui informasi ala kadarnya bahwa penyakit yang satu ini berbahaya. Akan tetapi, pengetahuan seperti ini saja tentu belum cukup untuk memberikan bekal serta kewaspadaan serta memotivasi masyarakat untuk lebih sadar akan kesehatan.

bahaya hipertensiDan sekedar untuk menyegarkan ingatan, hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana terjadinya peningkatan aliran darah ke arah dinding pembuluh darah arteri yang meningkat. Tekanan tersebut membuat jaringan penyusun dinding arteri menegang. Tak hanya pada dewasa, kondisi medis ini juga banyak di alami oleh ibu hamil, lansia bahkan remaja di usia muda.

Pada dasarnya, tekanan darah normal pada manusia adalah berkisar pada angka 100-140 mmHg untuk kisaran sistoliknya, dan 60-90 mmHg untuk kisaran diastoliknya. Adapun seseorang akan di diagnosis mengalami tekanan darah tinggi saat tekanan darahnya menunjukkan angka di atas 140/90 mmHg.

Jika di lihat dari penyebabnya, secara garis besar penyakit hipertensi ini di golongkan ke dalam 2 bagian:

  • Hipertensi primer: Tekanan darah tinggi yang di sebabkan oleh kondisi atau alasan medis yang tidak jelas (non-medis). Seperti halnya di sebabkan oleh stres, pola hidup yang tak sehat dan lainnya.
  • Hipertensi sekunder: Tekanan darah yang meninggi akibat pengaruh dari kondisi medis yang jelas, yaitu sebagai efek samping dari pada gangguan pada tubuh seperti ginjal, arteri dan lainnya.

Penyakit hipertensi ini sejatinya adalah masalah kesehatan jangka panjang dan akan menetep di dalam tubuh anda. Sehingga untuk mengendalikannya, di perlukan pengobatan dan perawatan yang tepat di setiap waktu, untuk mencegah kambuh atau timbulnya penyakit ini sewaktu-waktu.

Penyakit ini juga sebaiknya di waspadai dengan betul terutama oleh wanita hamil. Sebab jika hipertensi tidak segera di atasi, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang lebih parah, seperti mampu mengakibatkan komplikasi kehamilan hingga terjadinya pembuluh darah di otak pecah yang dapat berujung pada kematian.

Bahaya hipertensi pada ibu hamil dan kesehatan lainnya yang perlu di waspadai

Bagi ibu hamil penderita hipertensi, berbagai bahaya hipertensi dapat mengancam baik itu selama proses kehamilan bahkan pada saat persalinan. Beberapa bahaya hipertensi pada ibu hamil diantaranya adalah aliran darah ke plasenta kurang, kelahiran prematur, terhambatnya pertumbuhan janin, abrupsio plasenta, bayi meninggal dalam kandungan hingga mengalami penyakit kardiovaskular.

Adapun selain dari pada itu, bahaya darah tinggi yang cukup serius adalah pecahnya pembuluh darah. Hal tersebut di katakan serius, terlebih jika pembuluh darah yang pecah terjadi di otak. Sebab komplikasi ini bisa saja merenggut nyawa penderitanya dalam seketika. Pada umumnya, komplikasi ini lebih beresiko tinggi di alami oleh penderita tekanan darah tinggi yang telah mengidap penyakit ini selama bertahun-tahun. Sehingga pembuluh darah menjadi melemah.

Dalam kondisi tersebut sebaiknya pengobatan harus segera di lakukan, namun jika tidak segera di obati, kondisi terbut bisa saja menjadi peyebab utama pendarahan di otak (brain hemorrhage), yang di akibatkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak.

Pendarahan di otak ini akan berakibat fatal lantaran bisa mengakibatkan matinya sel-sel otak. Bahkan sebanyak 13 sari 100 orang yang mengalami stroke di sebabkan adanya pendarahan di otak. Kemungkinan pulihnya pasien dari masalah pendarahan di otak ini sendiri tergantung dari besarnya pendarahan yang terjadi dan pembengkakan yang di timbulkan. Namun, pada kondisi terburuknya, pasien tidak dapat tertolong meski sebelumnya telah di lakukan penanganan medis di awal.

Adapun selain dari pada pecahnya pembuluh darah di otak, ternyata masih banyak lagi bahaya dari hipertensi lainnya yang juga mempengaruhi kesehatan secara serius. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Stroke
  • Retinopati hipertensif
  • Penyakit pembuluh darah arteri
  • Terjadinya gangguan pada ginjal
  • Mengalami serangan jantung
  • Menjadi mudah merasa marah
  • Mengalami sidrom metabolic
  • Kelelahan yang luar biasa
  • Rasa nyeri pada bagian dada
  • Sakit kepala dan pusing
  • Denyut nadi dan jantung yang tidak teratur

Bagaimana, sekarang anda sudah bisa memahami berbagai bahaya hipertensi pada ibu hamil dan  kesehatan secara menyeluruh bukan? Maka dari itu, lah sangat penting bagi setiap orang terlebih penderita darah tinggi untuk tetap bisa menjaga tekanan darahnya tetap stabil, Mempertahankan tekanan darah dalam batas normal akan menjaga setiap organ tubuh anda agar bisa lebih berumur panjang dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit meski telah memasuki usia lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *