Berbagai Penyebab Sakit Pinggang Belakang Pada Pria Dan Wanita

Penyebab sakit pinggang belakang nyatanya belum banyak diketahui, meski pada dasarnya keluhan ini terbilang banyak dialami. Meski begitu, sebaiknya kini anda mulai mewaspadainya. Karena tak hanya disebabkan oleh salah postur tubuh melainkan juga bisa disebabkan oleh faktor pemicu lainnya yang bersifat cukup serius.

penyebab sakit pinggang belakang

Fungsi punggung bagian bawah atau lumbar ialah untuk menopang tubuh, bergerak dan juga melindungi jaringan. Maka dari itu, keluhan sakit pinggang bagian belakang kerap muncul secara intens, sehingga sangat membuat anda menjadi kesulitan untuk beraktifitas secara normal.

Adapun untuk gejala yang timbul bisa bervariasi. Mulai dari pegal-pegal hingga rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk. Apabila sakit pinggang yang anda alami lebih dari 3 hari atau 72 jam sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter. Karena tak hanya berbentuk akut, sakit lumbar ini juga bisa bersifat kronis, apabila berlangsung lebih dari 3 bulan.

Adapun untuk gejala yang timbul bisa bervariasi. Mulai dari pegal-pegal hingga rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk. Apabila sakit pinggang yang anda alami lebih dari 3 hari atau 72 jam sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter. Karena tak hanya berbentuk akut, sakit lumbar ini juga bisa bersifat kronis, apabila berlangsung lebih dari 3 bulan.

Penyebabnyapun diketahui beragam. Tak jarang diakibatkan oleh gerakan mengangkat barang berat atau pengaruh usia yang menua. Aktivitas berlebihan turut berperan dalam menyebabkan nyeri otot dan pinggang. Bahkan bukan itu saja, penyebabnya juga bisa lebih serius lagi.

Berbagai penyebab sakit pinggang belakang pada pia dan wanita

Terdapat berbagai penyebab nyeri pinggang yang perlu anda waspadai diantaranya adalah sebagi berikut.

1. Trauma pada tulang cakram

Apabila anda mengalami sakit di lumbar yang tak junjung hilang, maka bisa jadi penyebabnya bisa berupa trauma di cakram tulang belakang. Contohnya, robeksnya bagian luar cakra. Hal ini bisa di picu oleh pertambahan usia.Bagian tengah cakrampun mungkin bergeser dari posisi normalnya dan memberikan tekanan pada saraf.

Sehingga menimbulkan sakit pada bagian tulang punggung yang dapat menjalar hingga ke kaki. Kejadian ini banyak muncul setelah mengangkat beban berat atau menekuk punggung. Rasa sakit akibat trauma di cakram dapat bertahan lebih dari 72 jam.

2. Degenerasi cakram

Seiring dengan bertambahnya usia, maka cakram pada tulang punggung dapat menipis. Dan akibatnya, tulang punggung bisa saling bersenuhan dan juga bergesekan. Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan munculnya rasa sakit dan juga kaku pada pinggang belakang. Tak hanya itu, gangguan ini juga bisa berkembang lebih jauh dan memicu osteoarthritis atau masalah serius lainnya seperti spinal stenosis.

3. Spinal stenosis

Jenis gangguan tulang punggung yang satu ini juga bioasanya bermula dari degenerasi cakram diantara tulang belakang. Kondisi ini terjadi saat ruang antara saraf tulang belakang menyempit sehingga muncul tekanan terhadap saraf tulang belakang. Adapun gejala yang biasanya muncul adalah sakit pinggang yang disertai mati rasa, kram, dan lemas pada beragam bagian tubuh. Gejala tersebut akan bertambah parah pada saat anda berdiri atau berjalan.

4. Skoliosis

Kelainan tulang belakang yang membentuk huruf S dikenal dengan istilah skoliosis. Gangguan ini merupakan bawaan sejak lahir dan berkembang sejak anak-anak dan remaja. Perbahan pada bentuk tulang belakangtekanan pada otot, tendon dan ligamen. Akibatnya, postur tubuh akan merubah dan disertai rasa sakit pinggang belakang.

Jika sampai berdampak pada saraf, maka rasa sakit bisa berkembang hingga ke kaki. Bahkan bukan hanya skoliosis, kelainan punggung lain juga bisa emicu sakit disekaitar daerah lumbar.

5. Gangguan pada ginjal

Adanya gangguan pada ginjal termasuk infeksi, batu ginjal ataupun pendarahan akibat trauma dapat memicu sakit pinggang belakang, sakit pinggang sebelah kanan, maupuns sakit pinggang sebelah kiri. Apabila anda mengalaminya, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Uji analisa urin maupun USG pun mungkin akan dilakukan.

6. Terdapat tumor

Tumor baik jinak ataupun ganas mampu menyebabkan pinggang bagian belakang terasa sakit, terutama bila tumor berada pada tulang belakang dan tulang panggul. Sakit akibat tumor dapat terlokalisasi ataupun menyebar hingga menunggu fungsi saraf dan juga otot. Apabila anda mengalaminya, segeralah melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Dokter dapat melakukan pindai gambar area tulang belakang dengan teknologi x-ray, MRI dan lainnya.

7. Kehamilan dan gangguan ovarium

Keberadaan bayi dalam rahim daopat menekan tulang pinggang anada terasa sakit. Saat hamil, meningkatkanya hormon estrogen dan relaksinpun dapat melonggarkan ligamen yang dapat mempengaruhi tulang punggung. Kondisi tersebut mungkin berpengaruh pada sakit pinggang yang anda rasakan.

Olahraga untuk merelaksai otot pada area pinggung sering direkomendasikan untuk meredakan sakit pinggang ini. Namun sebelum melakukannya, berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangat dirasakan. Bila anda tidak hamil namun mengalami sakit pinggang terus menerus, kemungkinan lain seperti terdapatnya kista pada ovarium dan kelainan pada jaringan rahim (endometriosis) bisa saja menjadi penyebabnya.

Selain dari pada itu, pemicu pinggang belakang sakit juga bisa dipicu oleh gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Adanya penyakit pada pembuluh darah hingga menderita kanker juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang bagian belakang.

Resiko sakit pinggang bagian belakang meningkat ketika memasuki usia 30 tahun. Faktor lain yang bisa turut berperan dalam meningkatkan resikonya meliputi berat badan berlebih, malas bergerak, dan pekerjaan yang membebani fisik seperti kuli bangunan.

Sakit yang tidak parah mungkin dapat diatasi sendiri dirumah dengan menempelkan kompres air es pada bagian nyeri selama 48 hingga 72 jam. Lalu menggantinya dengan kompres panas. Sebagian memilih mandi air hangat atau pijat. Cara mengatasi sakit pinggang belakang ini bisa membantu otot agar bisa lebih rileks.

Nah itulah berbagai penyebab sakit pinggang belakang pada pria dan wanita yang perlu anda waspadai. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *