Khasiat Dan Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan

Setelah di lakukan berbagai penelitian, ternyata manfaat buah blueberry memiliki khasiat yang cukup dahsyat untuk kesehatan. Bagi anda yang belum mengetahui hal tersebut, ada baiknya anda menyimak uraian dan penuturan para ahli berikut ini.

manfaat buah blueberryBuah blueberry merupakan buah yang berasal dari Amerika dan masih tergolong ke dalam jenis buah berry. Di daerah asalnya sendiri, buah ini banyak di budidayakan karena telah mengetahui banyaknya kandungan dan manfaat yang terdapat di dalamnya. Karena itu jugalah, belahan bumi lainnya pun kini banyak yang membudidayakan buah yang satu ini.

Di setiap 3/4 cangkir buah berry utuh dan segar, di ketahui mengandung vitamin C sebesar 10, 8 mg, serat 2,7 g dengan kalori yang cukup rendah. Dengan berbagai kandungan tersebut, buah berry ini terkenal dapat fmeningkatkan data ingat jangka pendek.

Bahkan lebih dari pada itu, penelitian telah membuktikan bahwasannya senyawa yang banyak terdapat di dalam buah blueberry juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis mulai dari diabetes, penyakit jantung hingga beberapa jenis kanker.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah blueberry

Di balik banyaknya manfaat yang terdapat di dalam buah blueberry, terkandung pula berbagai senyawa nutrisi luar biasa di dalamnya. Dan berikut 3 nutrisi utama yang terkandung di dalam buah blueberry.

  • Vitamin C. Blueberry di ketahui kaya akan kandungan vitamin C. Jika anda mengonsumsi jenis vitamin ini secara teratur, maka anda akan mendapatkan sederet kebaikan untuk tubuh seperti halnya sebagai benteng pertahanan tubuh dari flu, infeksi saluran kemih hingga kanker. Selain dari pada itu masih banyak keuntungan lainnya untuk kesehatan maupun kecantikan anda.
  • Serat. Kandungan yang juga terdapat di dalam buah blueberry ini ternyata memiliki banyak fungsi mulai dari sebagai pengontrol gula darah, kolesterol, berat badan, hingga mengatasi dan mencegah sembelit. Sehingga buah ini sangat di rekomendasikan di konsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan mengonsumsi buah ini 3 porsi dalam seminggu yang juga di kombinasikan dengan buah lainnya juga di kenl dapat mencegah resiko terkena diabetes 2.
  • Mineral. Bleuberry juga di kettahui mengandung berbagai jenis mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti halnya mangan, tembaga, zat besi, kalium dan juga zinc. Maka dari itu, dengan rajin mengonsumsi buah bluebberry setiap hati maka dapat menjadi perlindungan tersendiri untuk tubuh khususnya tulang, sehingga dapat terhindar dari penyakit patah tulang.

Khasiat dan manfaat buah blueberry untuk kesehatan

Berikut ini akan kami paparkan berbagai khasiat blueberry bagi kesehatan lengkaop dengan penjelasannya menurut berbagai ahli.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah blueberry yang pertama adalah memiliki peranan penting dalam membantu menguatkan sistem. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya mampu menetralisir radikal yang hendak masuk ke dalam tubuh, sehingga imun dapat meningkat.

2. Menurunkan lemak berlebih

Blueberry juga di kenal mengandung polyphenol yang mana bermanfaat untuk menurunkan lemak berlebih dan membantu mengatasi permasalahan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga buah ini sangat cocok menemani anda yang kini tengah menjalani program diet.

3. Menyehatkan tulang

Kandungan senyawa mangan yang terdapat di dalam blueberry sangat baik untuk tulang. Sehungga denganmengonsumsi buah blueberry secara tertur dapat menghindarkan anda dari masalah tulang keropos di kemudian hari.

4. Mempertajam penglihatan

Di dalam blueberry juga di ketahui mengandung senyawa anthocyanosides, yang mana menurut sebuah kajian studi klinis, kandungan tersebut dapat memperlambat merosotnya daya penglihatan.

Sebuah penelitian yang di terbitkan dalam Archives of Ophalmology menunjukkan bahwasannya mengonsumsi 3 buah blueberry dalam sehari bisa membantu mengurangi turunnya pelnglihatan di usia lanjut hingga mencapai 36 persen.

5. Menguatkan data ingat

Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam buah blueberry juga ternyata bisa mengaktifkan bagian dalam otakyang mana berperan dalam mengontrol serta memperkuat ingatan.

6. Melancarkan pencernaan

Dalam semangkuk buah blueberry di ketahui mengandung 4 gram serat atau sekitar 15% dari asupan harian yang tubuh perlukan. Serat larut yng terkandung dalam blueberrtymampu menyerap hingga 15 kali beratnya sendiri dalam air sehingga hal tersebut bisa meningkatkan cairan ke usus serta melancarkan pencernaan.

7. Mencegah penyakit jantung

blueberry ternyata memiliki manfaat yang besar untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Hal tersebut di karenakan blueberry mengetahui kandungan asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi pencegah penumpukan senyawa homosistein. Senyawa homositein inilah yang mana memiiki dampak keruksakan pada pembuluh darah yan berujung pada permasalahan kesehatan jantung.

8. Mencegah penuaan dini

Berkat vitamin C yang terdapat di dalam buah blueberry, buah ini memiliki peranan penting dalam mendukung kesehatan kolagen yang mana berfungsi mulai dari mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit serta membantu mencegah keruksakan kulit akibat polusi.

9. Mencegah kanker

Vitamin A dan vitamnin C yang terdapat di dalam buah blueberry di ketahui merupakan zat antioksidan yang kuat. Zat inilah yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari keruksakan akibat radikal bebas, Zat tersebut pula yang mampu mencegah hingga memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker seperti halnya kanker paru-paru, pankreas, faring, kolon, prostat, menghambat perkembangan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat buah blueberry untuk kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dari blueberry lainnya terutama untuk ibu hamil, kecantikan, mata, wajah, diabetes dan kulit. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *