Ini Bahaya Sakit Pinggang Berkepanjangan Yang Perlu Di Waspadai

Bahaya sakit pinggang mungkin masih jarang diketahui oleh sebagian masyarakat. Namun sebaiknya kini anda mulai berhati-hati jika mengalami kondisi. Terlebih jika sakit pinggang sifatnya berkepanjangan, terus menerus dan tak kunjung hilang meski telah mengonsumsi obat sakit pinggang.

bahaya sakit pinggang

Sakit pinggang atau lumbago merupakan kondisi nyeri yang dirasakan tulang lumbar, diantara cakram, jaringan, otot serta saraf tulang punggung hingga organ tubuh disekitar panggul dan juga perut. Untuk gejala sakit pinggang sendiri, umumnya penderita adalah nyeri, rasa yang menusuk bahkan mati rasa.

Kondisi ini umumnya bisa di alami oleh berbagai kalangan usia. Namun sekitar 80% kondisi dialami oleh pria dan wanita, khususnya mereka yang telah berusia 30-50 tahun dengan intensitas nyeri yang berbeda-beda. Sakit pinggang juga nyatanya bisa dialami oleh wanita muda, ibu hamil dan juga saat haid berlangsung.

Selain dari pada itu, tempat nyeri yang dialami oleh setiap penderitanyapun mungkin berbeda-beda. Sebagian penderitanya mungkin mengalami sakit pinggang sebelah kiri, namun sebagiaan penderita lainnya mengeluhkan sakit pinggang sebelah kanan, sakit pinggang belakang atau bagian tengah.

Apa penyebab sakit pinggang?

Namun pada dasarnya nyeri pinggang sendiri disebabkan oleh mekanis gaya hidup yang mereka jalani. Seperti halnya duduk dalam waktu yang cukup lama tanpa diimbangi dengan olahraga yang cukup, mengangkat beban berat, penyakit hingga mengalami kecelakaan yang berdampak tehadap cidera disekitar pinggangnya.

Dan sesuai dengan tahap intentensitas waktu lamanya, sakit pinggang dikategorikan ke dalam 3 tahap. Diantarannya:

– Sakit pinggang akut: terjadi dalam beberapa hari
– Sakit pinggang sub-akut: terjadi hanya dalam 4-12 minggu
– Sakit pinggang kronis bisa melebihi 2 minggu.

Apabila sakit pinggang yang dialami lebih dari 72 jam dan diserti dengah gejala lainnya seperti diare, tidak bisa menahan kemih, demam, rasa lemas pada kak ihingga merasakan sakit pada saat batuk dan berkemih, maka sebaiknya anda periksakan ke pusat kesehatan terderkat untuk memastikan diagnosis penyakit anda.

Bahaya sakit pinggang berkepanjangan yang patut untuk di waspadai

Meski sakit pinggang kerap dianggap kondisi yang sepele, namun jika kondisi ini berkelanjutan sebaiknya juga perlu di waspadai. Karena bisa jadi hal tersebut bisa menjadi sebuah pertanda dari penyakit yang serius. Adapun bahaya mengalami sakit pinggang yang berkepanjangan dan berulang, adalah sebagai berikut:

  • Depresi

Nyeri pinggang yang bersifat kronis umumnya bisa bertahan hingga beberapa minggu. Hal tersebut tentunya mampu mempengaruhi kualitas tidur, pola makan, serta aktivitas lainnya seperti bersosialisasi dan juga hiburan. Dan tekanan monbilitas tersebut tak jarang menyebabkan tekanan emosional, kecemasan hingga depresi. Bahkan penggunaan obat berbabahan kimia dapat mengakibatkan penderitanya ketergantungan yang pada akhirnya dapat membahayakan tubuh.

  • Kecacatan

Akibat adanya kelemahan ootot yang terjadi sebagai akibat dari pada nyeri pinggang, maka seseoang yang mengalaminya sering kali tidak bisa bekerja dan beraktivitas sebagaimana bisasnya.

  • Keruksakan saraf

Apabila anda sering mengalami sakit pinggang secara berulang, maka kondisi tersebut sangat di khawatirkan mnyeabkan keruksakan syaraf khususnya pada tulang belakang. Dan hal tersebut juga tak jarang menyebabakan berbgai komplikasi seperti mati rasa dikaki dan linu yang amat parah. Bahkan pada kasus yang cukup parah, kerukakan saraf juga bisa menyebabakan masalah di kandung kemih, usus dan juga fungsi usus

  • Berat badan yang tidak terkontrol

Hilangnya aktivitas dan juga pergerakan yang terbatas akibat sakit pinggang, dapat enyebabakan mundahbnya terjadi knaikan berat adan yang fantastis. Bahkan tak cukup sampai disitu, otot juga bisa menjadi mlemah lantaran sering kali berdiam diri pada satu posisi dalam waktu yang cukup lama. Dan postur tubuh juga bisa memburuk karena terjadinya kelemahan otot dan ligamen.

  • Penyakit

Sakit pinggang khususnya yang berkepanjangan juga bisa menandakan sebagai pertanda gejala penyakit pada tubuh. Berapa penyakit tersebut diantaranya seperti penyakit ginjal, irritable bowel syndrome, penyakit radang panggul, radang usus buntu, gangguan pada empedu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu, apabila anda kini sering mengalami nyeri pinggang bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang jelas. Anda juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat alami sakit pinggang berkepanjangan dari CV. Jogja Natural Herbal, yakni Walatra Sehat Sendi yang bisa anda dapatkan secara eksklusif di agen resmi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bahaya sakit pinggang berkepanjangan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *